Dianggap Aman, KA Pangrango Kembali Layani Perjalanan dari Bogor ke Sukabumi

PT KAI menyatakan jika KA Pangrango sudah bisa melalui rute Bogor-Sukabumi karena dianggap aman, setelah sehari sebelumnya semua perjalanan dibatalkan. IST

BOGOR – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan KA Pangrango sudah dapat kembali beroperasi melayani penumpang pada, Kamis (16/3/2023).


Diketahui sebelumnya, operasi KA Pangrango dihentikan pada Rabu (15/3/2023) akibat kerusakan pada jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang – Batu Tulis.
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, bahwa pihaknya dan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah melakukan percepatan perbaikan pada jalur kereta yang terdampak longsor.


Salah satu upaya yang difokuskan agar layanan KA Pangrango kembali adalah melakukan sejumlah penguatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor.


Eva menambahkan, sejak Kamis dinihari, jalur dinyatakan aman untuk operasional KA setelah beberapa kali uji coba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi.

Sementara itu, untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan saat ini masih terus berlangsung. Dia mengatakan, perbaikan jalur tersebut akan melalui sejumlah tahapan pekerjaan hingga dinyatakan aman untuk operasional KA.


“Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan,” jelas dia, dikutip dari keterangan resmi, kemarin.


Eva menjelaskan, pada Kamis ini, dari total 6 perjalanan KA Pangrango yang beroperasi, hanya 1 yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi – Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB.


Sementara itu, 5 perjalanan KA Pangrango lainnya kembali dapat beroperasi melayani penumpang. Adapun, untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan perjalanan pada hari ini telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket.


Calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100 persen. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga 7 hari ke depan.


Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan proses pembatalan tiket juga dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.