Diajeng Kampiun Turnamen Catur Asian Eastern Junior And Girls di Malaysia

Diajeng Theresa Singgih. IST

CIBINONG – Babak terakhir Kejuaran Catur Junior Asia Timur yang dilangsungkan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Jumat 8 Desember 2023 lalu menjadi klimaks buat pecatur putri Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Kabid Binpres Percasi Kabupaten Bogor, Endar Sakti Lubis, Minggu, 10 Desember 2023.

Endar Sakti Lubis menambahkan, kalahnya WCM Cecilia Natalie Liuviann dari pecatur tuan rumah WCM Chia Jia-Tien dan kemenangan WFM Diajeng Theresa Singgih pecatur dari Kabupaten Bogor atas Ma Elayza Villa dari Filipina membuat Diajeng menjadi Juara 1.

” Nilai tie-break pertama head to head yang menguntungkan pecatur Mongolia WFM Boldbaatar Altantuya kini tidak berlaku lagi,” ujar Endar Sakti Lubis.

Lebih lanjut, kata Endar, nilai tie-break kedua Buchholz yang kini berlaku, dan disini Diajeng unggul setengah poin (45 banding 44,5).

“Altantuya dan Diajeng sama membukukan 7½ poin dari 9 babak. Diajeng keluar sebagai Juara dan langsung mendapat gelar WIM (Women International Master) dan satu Norma WGM (Women Grandmaster),” papar Endar yang juga sebagai pengurus PB Percasi Komisi Luar Negeri.

Sementara itu, Cecilia yang kalah tetap bertahan di peringkat 3 dengan 6½ Cecilia juga diganjar gelar WFM (Women FIDE Master). =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.