Diah Pitaloka Sebut Pengawasan dan Pengelolaan Keuangan Haji di BPKH Relatif Terpetakan dan Aman

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka saat menghadiri diseminasi strategi pengelolaan dan pengawasan keuangan haji dan sosialisasi BPIH 1445 H tahun 2024. Syarif | Pakar

BOGOR – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar acara diseminasi di Hotel Royal Bogor, Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor. Acara ini bertema Strategi Pengelolaan dan Pengawasan Keuangan Haji serta menyertakan sosialisasi terkait Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1445 H.

Acara yang dimoderatori Nailah Ragwan Aljufri, turut menghadirkan tiga narasumber diantaranya Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Dr. Hj. Diah Pitaloka, Anggota Dewan Pengawas BPKH Dr. H. Rojikin dan Kasubdit Advokasi Haji DJPHU Kementerian Agama RI Suviyanto.

Dalam sambutannya, Diah Pitaloka memberikan apresiasi terhadap upaya BPKH dalam meningkatkan pengelolaan dan pengawasan keuangan haji.

Diah menyatakan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana haji untuk memastikan keberlanjutan dan kesejahteraan jamaah haji.

Relatif terpekatakan penempatan keuangannya, Insyaallah aman karena mereka juga tidak berani menggunakan keuangan sembarangan,” ucapnya.

“Artinya, kalaupun ada inventasi itu tidak mungkin 100 persen digunakan pasti dibawah 20 persen karena itu liquid persiapan untuk dua tahun penyelenggara haji,” tambahnya.

Diah mengatakan bahwa sejauh ini pengelolaan keuangan haji di BPKH penempatannya sudah bagus misal ada di bank-bank yang menyediakan layanan haji termasuk investasi haji dalam bentuk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan emas.

Selain strategi pengelolaan dana, acara ini juga menyoroti pentingnya pemahaman terhadap BPIH tahun 1445 H. Materi sosialisasi disampaikan dengan jelas dan interaktif, memungkinkan peserta untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang perencanaan keuangan haji.

Diah berharap bahwa acara semacam ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pengelolaan dan pengawasan keuangan haji, serta meningkatkan kepercayaan terhadap BPKH. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.