Dewan Ultimatum Pemkab Soal Penanganan Covid-19

CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, memberikan ultimatum kepada Pemkab Bogor, dalam penanganan Covid-19.

Dia meminta meminta Pemkab Bogor untuk membuat skala prioritas kegiatan selama satu tahun ke depan. Hal itu merupakan dampak daripada minimnya ruangan isolasi Covid-19 saat ini.

“Kita fokuskan ke penanganan Covid-19. Kita lihat RSUD Cibinong, RSUD Ciawi, dan sebagainya, penumpukan pasien di IGD sangat banyak. Harus segera ada langkah konkrit, apa yang perlu ditambah, apa yang harus dipersiapkan,”
Cetus Rudy, Minggu (10/1).

Menurutnya, Pemkab Bogor harus mulai melakukan klasifikasi
kategori pasien Covid-19 baik ringan, sedang dan berat.

Sehingga, ketika cycle threshold (CT) sudah pada titik normal, maka pasien sudah bisa dipulangkan dan dapat melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

“Tujuannya agar banyak pasien baru bisa tercover tempat tidur. Ini yang harus sudah dipikirkan,” tegas Rudy.

Diketahui, ketersediaan ruang isolasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, semakin menipis. Per bulan Desember 2020, ruangan khusus tersebut sudah terisi lebih dari 90 persen.

“Ketersediaan ruang isolasi per Desember sudah 91,3 persen. Artinya sudah di atas kriteria WHO yang hanya 60 persen dan Kemenkes 70 persen,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Achmad Zaenudin.

Menurutnya, ketersediaan ruangan isolasi tersebut sudah hampir penuh di semua rumah sakit. Termasuk di Wisma Diklat BPSDM Kemang, Kabupaten Bogor.

Di samping itu, untuk mengurangi jumlah pasien Covid-19 di ruang isolasi, dr Zen menyebut jika ada opsi untuk memulangkan pasien dengan kondisi yang harus sudah dipulangkan.

“Berdasarkan keterangan dokter paru-paru, bisa saja pasien positif dipulangkan. Tapi dengan syarat gret nya itu yang memang sudah tidak menularkan kembali dan arahnya sehat. Itu untuk mengurangi terisinya ruang isolasi. Itu sudah berjalan dilakukan,” ungkap dr Zen. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.