Dewan Mah Enak, Katanya Mau Efisiensi Eh Malah ke Bali

Ilustrasi Pulau Dewata Bali. IST

CIBINONG – Pemangkasan anggaran perjalanan dinas yang dilakukan DPRD Kabupaten Bogor tidak sesuai kenyataan. Usai membahas dan menyetujui anggaran perubahan bersama Pemkab Bogor, anggota Komisi II dan III DPRD diketahui pergi ke luar daerah.

Berdasarkan informasi yang diterima, para wakil rakyat tersebut terbang ke Pulau Dewata, Bali. Ada beberapa titik yang dikunjungi, seperti Denpasar dan juga Badung. Mereka diketahui pergi pada Rabu 6 Oktober 2021.

Keberangkatan itu pun tidak dibantah oleh salah seorang anggota DPRD Kabupaten Bogor yang namanya enggan disebutkan. Kata dia, kepergian pihaknya untuk melakukan studi banding.

Menurutnya, Bali menjadi salah satu tempat yang tepat untuk melakukan studi banding. Dia berkilah bahwa Kabupaten Bogor bisa belajar dan mengambil pengalaman di wilayah tersebut.

Di sana, sambungnya, pariwisata sudah mulai bangkit akibat dihantam Covid-19 dengan beberapa program yang dilakukan pemerintahannya.

Hal tersebut dinilai bisa menjadi momentum tukar pikiran dan informasi agar Kabupaten Bogor bisa melakukan hal yang sama. Terutama untuk membangkitkan gairah ekonomi di sektor wisata seperti Puncak yang juga terjun bebas akibat Covid-19.

Dari informasi tersebut pula, kabarnya mereka akan menghabiskan waktu di Pulau Dewata selama tiga hari. Terhitung kemarin, hingga besok, Jumat 8 Oktober 2021.

Sementara di sisi lain, DPRD Kabupaten Bogor berjanji melakukan efisiensi dengan memangkas beberapa pos anggaran. Seperti pembelian alat tulis kantor (ATK) dan perjalanan dinas.

Hal tersebut sebelumnya diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, M Romli usai melakukan pembahasan APBD Perubahan yang mengalami defisit hingga Rp794 miliar.

Pihaknya sepakat untuk efisiensi setelah Pemkab Bogor pun melakukan hal yang sama menutup defisit tersebut.

“Ya sama. Karena defisit nya tinggi Rp794 miliar, maka kita memangkas kegiatan yang kurang urgent. ATK,
perjalanan dinas juga,” kata Romli usai pembahasan APBD Perubahan beberapa waktu lalu.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.