Desa Cimanggu II Menjadi Perwakilan di Ajang BBGRM Tingkat Kabupaten Bogor

CIBUNGBULANG – Dari sebanyak 15 desa, Desa Cimanggu II, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, ditunjuk menjadi desa percontohan dalam Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM( XXI tingkat Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Cimanggu Dua, Edi Sukarya mengatakan kegiatan hari ini ada empat bidang yang ditinjau oleh tim monitoring dan evaluasi (monev) proklim dan BBGRM tingkat Kabupaten dari DPMD dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

“Jadi Desa Cimanggu Dua ini mewakili Kecamatan Cibungbulang dari 15 desa yang ada. Adapun yang di tinjau oleh tim Monev tadi ada empat (4) bidang, salah satunya dari bidang kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi (UMKM) dan program ketahanan pangan,” ungkapnya, Selasa (09/07).

Menurutnya, program tersebut ini merupakan suatu motivasi buat desa dan warga masyarakat untuk menggerakkan kembali budaya gotong royong yang selama ini mulai menurun.

“Jadi dengan adanya program BBGRM ini untuk menghidupkan kembali jiwa sosial dan menumbuhkembangkan perekonomian warga masyarakat melalui UMKM maupun kelompok kelompok usaha kecil, baik di PKK dan kelompok tani yang tersebar di wilayah Desa Cimanggu Dua ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa para pelaku UMKM di wilayahnya masih berjalan, bahkan desa cimanggu dua juga memilki icon UMKM khas Cimanggu Dua, yaitu ‘Oncom Hideung’. “Mangkanya sampai sekarang prodak nya masih berjalan. Jadi bahan bakunya dari oncom hideung. Nama produknya ‘Nucida’ (Naget Cimanggu Dua) dan juga Keripik Tempe,” katanya.

“Oncom Hideung itu sudah berjalan selama puluhan tahun, bahkan sebelum saya lahir juga itu sudah ada. Lokasinya di Kampung Ciaseur RT 08 RW 04 dan Kampung Cibungbulang RT 01 RW 09,” tandasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.