Demo di Istana Bogor, Mapancas Tuntut Pemerintah Usut Tuntas Kasus Dugaan Mafia Tanah

Mapancas melakukan aksi demo di Istana Bogor. IST

BOGOR – Dewan pimpinan Daerah Mahasiswa Pancasila (Mapancas) Bogor melakukan aksi demo di depan Istana Bogor, Selasa (6/4/2021). Mereka menuntut pemerintah mengusut tuntas kasus dugaan mafia tanah Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM).

Pihaknya menduga RSMM dalam pengelolaan dan pemanfaatan aset negara tidak berlandaskan aturan yang jelas.

“Kita menduga RSMM dalam pemanfaatan aset negara tidak memiliki landasan hukum yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini dapat berpotensi pada penyelewengan aset negara yang merugikan negara,” kata koordinator aksi, Muhammad Fachri.

Menurut wakil ketua mapancas ini, hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya tanah negara dan pengambil alihan oleh individu-individu yang tidak bertanggung jawab.

Masih kata dia, RSMM sebagai pemegang amanah pengguna barang milik negara (BMN) seharusnya mematuhi peraturan perundang-undangan demi menjaga keutuhannya.

Di akhir aksinya, mapancas menyampaikan beberapa tuntutan yang dibacakan langsung oleh ketua DPD Mapancas kota Bogor, Fatholloh Fawait.

Mereka menuntit direksi BLU RSMM untuk menjawab dan memberikan pernyataan di muka publik tentang transparansi (Landasan Yuridis, Pengelolaan dan Pendapatan) atas Pemanfaatan Aset Negara.

Mereka juga ingin Pemerintah Pusat u.p Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan untuk turun mengawasi pemanfaatan aset negara pada BLU RSMM.

Mapancas juga berharap Presiden melalui Kapolri mengusut dan membongkar dugaan maraknya Mafia Tanah Negara di Bogor.

“Ini adalah bentuk komitmen dan dukungan kami terhadap intruksi Presiden melalui kapolri dalam pemberantasan mafia tanah,” tuntasnya. =DRN/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.