Deden Nasihin Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Puncak II

CIANJUR—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, mendorong percepatan pembangunan jalur jalan Puncak II yang saat ini kondisinya terbengkalai. Pasalnya, jalur alternatif penghubung antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur ini, bisa menjadi solusi mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur utama (jalur Puncak) terutama di musim liburan dan akhir pekan.

“Memang alasan dari percepatan pembangunan dijalur jalan alternatif antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur ini, untuk mengurai tingkat kemacetan dijalur Puncak yang selama ini, relatif cukup parah terutama pada saat akhir pekan atau musim liburan,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Deden Nasihin, kepada wartawan, Kamis (08/04/2021).

Deden mengatakan jalur Puncak II terbentang sepanjang 50-60 kilometer mulai dari Sentul di wilayah Kabupaten Bogor hingga Cipanas di wilayah Kabupaten Cianjur. Dengan adanya (pembangunan) jalur Puncak II tentunya bisa mendongrak pendapatan asli daerah(PAD) Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor dari sektor pariwisata. Namun hingga saat ini, tidak mengetahui persis alasan dihentikannya pembangunan jalur jalan Puncak II tersebut.

“Karena memang kewenangan atau pengelolaanya ada di tingkat pusat. Awalnya status jalan di Jalur Puncak II itu milik Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, namun status jalannya ditingkatkan jadi jalan nasional. Sempat dihentikan karena berbagai alasan. Mudah-mudah bisa ada kepastian soal kelanjutan pembangunannya,” terang legislator dari Partai Golkar ini.

Ia menuturkan rencana selanjutnya pembangunan infrastruktur jalur Puncak II ini, informasinya akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Pemerintah Pusat (Pusat). “Terlepas itu, mau diambil oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Pusat (Pempus). Intinya, kita sepakat demi kemajuan daerah yang ada diwilayah Jabar. Mudah-mudahan ini, menjadi solusi untuk mengurai kemacetan yang selama ini, sering terjadi dijalur jalan Puncak,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.