Dari Ratusan Ribu Penduduk, Vaksinasi Lansia di Kabupaten Bogor Baru 7 Persen

Ilustrasi vaksin Covid-19. IST

CIBINONG – Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Bogor masih sangat minim. Sejauh ini, baru 7 persen yang tercatat telah divaksin, dari total keseluruhan penduduk lansia sebanyak 339.958 orang.

Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat, Deni Ardiana mengungkapkan, minimnya pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk lansia membutuhkan dukungan semua pihak.

Sehingga, perlu adanya kolaborasi agar realisasi pelaksanaan vaksinasi masyarakat Lansia bisa sesuai target yang telah ditentukan.

“Untuk itu kita mendorong kepada satgas Covid-19 Kecamatan untuk meningkatkan kolaborasi dengan unsur Kecamatan, Polsek, Koramil, Puskesmas, dan tokoh-tokoh yang ada di desa/kelurahan untuk segera melakukan mobilisasi vaksinasi Covid-19 khususnya kepada mereka masyarakat Lansia,” kata Deni, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya, saat ini stok vaksin Covid-19 masih tersedia sekitar 60 ribu dosis. Ketersediaan itu tidak diperuntukkan untuk masyarakat Lansia, tapi juga diprioritaskan untuk tenaga pendidik yang belum mendapatkan vaksinasi mulai dari tingkat PAUD, hingga SMA, pelayan masyarakat, hingga desa/kelurahan dan RT/RW.

“Stok vaksin sudah di Puskesmas, tinggal dijadwalkan saja di kecamatan untuk pelaksanaan vaksinasinya. Ini perlu mobilitas untuk meningkatkan realisasi pelaksanaan vaksin Covid-19 terutama Lansia. Perlu upaya mobilisasi yang intens baik itu mobilisasi tingkat desa bahkan door to door,” ungkap Deni.

Sebelumnya, meski tak menampik minimnya pelaksanaan vaksinasi lansia tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina menyebut jika data lansia yang menerima Vaksin Covid-19 tidak semuanya tersistem masuk secara elektronik, melainkan juga manual menggunakan KTP.

“Jadi sampai saat ini masih berjalan ya proses pendataan dan vaksinasinya. Kami dapatkan juga laporan dari Puskesmas, dimana lansia banyak pakai KTP bukan sistem elektronik. Bisa saja ini report nya belum masuk semua. Dan kami masih perbaiki itu melalui Aplikasi SMILE,” jelas Mike. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.