Dari 356 Desa, Baru 54 Yang Siap Dapat Anggaran SamiSade

CIBINONG – Proses verifikasi masih terus dilakukan oleh tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor terhadap desa-desa calon penerima anggaran program Satu Miliar Satu Desa (SamiSade).

Namun begitu, Kasi Sarpras DPMD Kabupaten Bogor, Harif wahyudi mengungkapkan jika sejauh ini tidak lebih dari 50 persen jumlah desa yang telah lolos verifikasi dan tinggal menunggu pencairan anggaran SamiSade.

“Sampai saat ini baru 54 desa yang sudah mengajukan pencairan dan telah melalui tahapan verifikasi. Tinggal menunggu pencairan,” ungkap Harif, Kamis (27/5/2021).

Diketahui, dalam program SamiSade ini, Bupati Bogor melalui Surat Keputusan (SK) Penetapan Bupati per 8 Februari 2021 Nomor 147/142/KPTS/Per-UU/2021 telah menetapkan besaran anggaran samisade yang diberikan kepada 356 desa di 38 kecamatan sebesar Rp311,8 miliar.

Namun begitu, anggaran sebesar Rp311,8 miliar tersebut tidak rata diberikan. Berdasarkan catatan yang ada, jumlah anggaran terkecil penerima program SamiSade sebesar Rp200 juta, sedangkan terbesar Rp1 miliar.

Ada 214 desa yang mendapatkan anggaran tertinggi sebesar Rp1 miliar. Sementara empat desa mendapatkan anggaran terendah yakni Rp200 juta.

Kata Harif, proses pencairan anggaran SamiSade tersebut tergantung Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) selaku kuasa pengguna anggaran.

“Kalau pencairan itu tergantung BPKAD. Kalau dari kami itu lebih kepada verifikasi data desa dari kecamatan. Lebih ke verifikasi administrasinya,” jelas Harif. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.