Dapat Anggaran PEN Kedua, Ini Tiga Rencana Pembangunan Pemkab Bogor

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, kembali mendapatkan suntikan anggaran dari Pemerintah Pusat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), di tengah Pandemi Covid-19.

Saat ini, Pemkab Bogor mendapatkan bantuan sebesar Rp64,4 miliar. Jumlah tersebut diketahui lebih kecil dibandingkan bantuan di tahun sebelumnya dalam program yang sama, yakni sebesar Rp80,9 miliar.

“Ya, bantuan PEN tahun ini kita dapatkan sebesar Rp64,4 miliar,” kata Bupati Ade Yasin, Minggu (24/1/2021).

Menurutnya, bantuan PEN kedua dari Pemerintah Pusat ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang menunjang perputaran ekonomi di Kabupaten Bogor.

Berbeda dengan bantuan sebelumnya yang ditujukan untuk pemulihan sektor pariwisata yang terdampak akibat Pandemi Covid-19.

Kata Ade Yasin, sedikitnya ada tiga proyek besar yang akan dibangun atau diteruskan menggunakan anggaran PEN sebesar Rp64,4 miliar ini.

Pertama, anggaran PEN ini akan digunakan Pemkab Bogor pembangunan alun-alun Ibu Kota Cibinong di Kelurahan Ciri Mekar, Kecamatan Cibinong.

Diketahui, pembangunan alun-alun tersebut saat ini mangkrak, karena alokasi anggaran kegiatan fisik mengalami recofusing, akibat dampak pandemi Covid-19.

Tahun lalu, pembangunan alun-alun tersebut sudah mulai dikerjakan dengan menelan anggaran Provinsi Jawa Barat sebesar Rp4,9 miliar. Namun, tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, tak lagi menganggarkan untuk kebutuhan kelanjutan proyek tersebut lantaran adanya refocusing anggaran.

Saat itu, proyek alun-alun tersebut terbagi dalam dua sesi. Pertama, meliputi pembangunan dasar. Seperti pembangunan gazebo, penataan lapangan, dan jalan setapak.

“Kalau untuk secara keseluruhan pembangunan ada pada tahap dua nanti. Yang meliputi fasilitas penunjang,” jelas Ade Yasin.

Selain alun-alun, Pemkab Bogor juga akan melakukan peningkatan Ruas Jalan Cigudeg-Kiarasari-Cisangku, Kecamatan Cigudeg.

Lalu, bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat itu juga akan dimanfaatkan untuk revitalisasi Pasar Cisarua.

“Yang kita ajukan banyak untuk mendapatkan bantuan dari program PEN,” ungkap Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.