Danau Tonjong Handy Craft Siasati Peluang Ekonomi di Tengah Pandemi

Camat Tajurhalang, Fikri Ikhsani saat meresmikan pembukaan bengkel usaha UMKM bernama Danau Tonjong Handy Craft di Kampung Gunung RT 2 RW 3 Desa Tonjong, pada tanggal 6 Januari 2021 lalu. Fahri | Pakar

TAJURHALANG – Wabah pandemi Covid-19 selain mengancam kondisi kesehatan masyarakat, juga telah mengakibatkan sebagian ekonomimenjadi goyah bahkan terpuruk. Sejumlah pelaku usaha terpaksa harus berhenti produksi, mengurangi karyawan bahkan ada banyak yang gulung tikar.

Tapi kesulitan ekonomi di tengah wabah pandemi ini, disiasati seorang pria bernama Soleh (50) warga RT 02 RW 03 Desa Tonjong Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor yang mendirikan bengkel usaha kerajinan tangan (handy craft) dengan bahan dasar kayu.

Memulai usaha dengan modal terbatas, namun Soleh berhasil memberdayakan pemuda dan warga sekitar untuk bekerja di bengkel handy craft milik nya.

“Modal awal usaha ini sekitar 50 juta rupiah. Kerajinan handy craft kami diberi nama Danau Tonjong Handy Craft. Bersyukur peresmian bengkel ini dilakukan Bapak Camat Tajurhalang pada tanggal 6 Januari 2021 lalu,” ungkap Soleh, Senin (8/2/2021).

Hasil produksi kerajinan tangan berbasis kayu tersebut, saat ini telah dipasarkan melalui online shop (pasar online). Sementara jumlah tenaga kerja yang dapat di serap dan di oatih dari warga sekitar baru sebanyak 10 orang.

Keberadaan bengkel usaha kerajinan tangan Danau Tonjong Handy Craft ini di apresiasi Ketua BPD Desa Tonjong, Asman Suparman. Menurutnya, selain mampu membuat lapangan pekerjaan bagi pemuda sekitar, diharapkan bengkel usaha ini bisa menjadi penggerak ekonomi warga.

“Apalagi ini termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sangat diperhatikan pemerintah sebagai wadah usaha untuk penguatan dan pemulihan ekonomi masyarakat,” ungkap Asman. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.