Dana Hibah UMKM Rp1,2 Juta Sudah Bisa Cair

CIAMPEA – Beredarnya kabar burung bakal cairnya dana hibah UKM lanjutan tahap 3 ternyata bukan hoax, pasalnya begitu ketua Forum UMKM – IKM Kecamatan Ciampea Siti Aminah mendatangi Bank Rakyat Indonesia (BRI) guna mempertanyakan kebenaran isu tersebut, justru di benarkan oleh BRI. Menurut Siti Aminah Ketua Forum UMKM – IKM Ciampea, saat ini terkait berapa jumlah pelaku UMKM – IKM Ciampea yang akan memperoleh dana Hibah tersebut, pihaknya belum mendapat kepastian secara rinci, lantaran datanya belum diterima.

“Namun untuk Empat dari Lima pelaku UMKM Ciampea yang seminggu lalu pernah kami pertanyakan ke BRI apakah nama mereka tercantum sebagai penerima dana BPUM 2021, oleh BRI dibenarkan karena datanya muncul,” kata Siti Aminah Ketua Forum UMKM – IKM Ciampea.

Sedangkan berapa besaran dana yang akan di terima oleh ke empat UKM Ciampea tersebut kata Siti, nilainya tidak sama dengan besar dana hibah UKM pada priode kemarin.”Ditahap 3 sekarang, masing masing UKM akan menerima Rp. 1,2 juta,” bebernya.

Siti menjelaskan, jika nama program bantuan untuk UKM pada tahap sekarang ini, dikenal dengan nama BPUM, “Atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) alias BLT UMKM”, ungkapnya. Dan untuk memastikan kebenarannya lanjut Siti, pada hari Rabu (07/04/2021), ke empat UKM Ciampea yang datanya muncul, sudah mendatangi BRI untuk mengurus semua persyaratan.

“Keempat UKM Ciampea yang datang ke BRI pada hari Rabu, tak lain guna mencocokan berkas, baru selanjutnya pada hari Kamis (08/04/2021), dana Rp. 1,2 juta tersebut bisa di cairkan,” tandasnya.

Ibu Unai warga Desa Bojong Jengkol pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang datanya muncul sebagai penerima BPUM menambahkan, turunnya bantuan UKM dari pemerintah senilai Rp. 1,2 juta itu, akan ia pergunakan untuk modal usaha berjualan di Bulan Puasa Ramadhan ini. “Alhamdulilah Dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang saya peroleh dari pemerintah ini, akan saya gunakan sebagai tambahan modal berjualan di Bulan Puasa Ramadhan besok,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.