Dana BOSP Rp1,1 Triliun di Kabupaten Bogor Sudah Cair

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Age | Pakar

CIBINONG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor memprioritaskan penyaluran dana BOSP (bantuan operasional satuan pendidikan) tahap satu kepada ribuan tenaga pendidik Paud, SD dan SMP, pada Senin (29/1/2024).

Hal itu disampaikan oleh Kasie Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Fachrurozi bahwa tercatat ada sebanyak Rp 1,1 triliun lebih dana BOSP dari Pusat untuk disalurkan ke satuan pendidikan.

“Kita sedang konsentrasi penuh dalam persiapan penyaluran dana BOSP tahap pertama dan tahun ini akan ada 2.436 SD dan SMP, lalu ada 2.500 Paud yang akan menerima dana BOSP dengan nilai Rp 1,1 triliun,” katanya kepada PAKAR, pada Senin (29/1/2024).

Ia menuturkan bahwa pihaknya akan memprioritaskan tenaga pendidikan honorer terlebih dahulu untuk mendapatkan dana BOSP tahap pertama dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Jadi nilai Rp 1,1 triliun ini penyalurannya ke rekening masing-masing. Dan kita akan memprioritaskan tenaga pendidikan yang masih berstatus honorer untuk menerima dana BOSP tahap pertama,” tuturnya.

Fachrurozi mengungkapkan bahwa ada sebanyak 13 ribu guru honor di SD dan SMP, sedangkan guru TK/Paud ada sebanyak 11 ribu.

“Rp 1,1 triliun ini kita utamakan ke guru honor, karena untuk guru honor di Kabupaten Bogor masih ada 13 ribu (SD dan SMP), sedangkan untuk guru TK/Paud masih ada sebanyak 11 ribu orang lagi. Dan penyaluran dana BOSP tahap pertama untuk Januari-Juni, lalu untuk tahap dua dibulan Juli,” ungkapnya.

Lanjut, Bagi para tenaga pendidik akan menerima dana BOSP sebesar Rp 2 juta/guru baik itu dari TK/Paud, maupun SD dan SMP di Kabupaten Bogor. “Satu orang guru honor itu mendapatkan Rp 2 juta rata-ratanya dan khusus yang sudah 4-5 tahun mengajar,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.