Cucu Sutara Kukuhkan Pengurus Kadin Cianjur, Ini Pesannya

Suasana saat Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara, melantik dan mengukuhkan kepengurusan Kadin Cianjur. Esya | Pakar

CIANJUR – Jajaran pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Cianjur periode 2023-2028 dilantik Ketua Kadin Jawa Barat (Jabar) Cucu Sutara bersama Bupati Cianjur di taman Bale Pancaniti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Senin, 27 Mei 2024.

Ketua Kadin Kabupaten Cianjur Paeruzillah mengaku jika pihaknya telah berkomunikasi dengan investor yang asal dari Korea Selatan (Korsel). Mereka akan berinvestasi bidang energi terbarukan atau green energy juga energi daur ulang sampah atau waste to energy (WTE). “Memang kita akan mendatangkan investor dari Korea Selatan untuk membahas investasi bidang energi ke bersama Pemkab Cianjur. Nilai investasinya akan sama dengan Kota Cimahi yakni bernilai Rp 1,6 triliun,” kata Paeruzillah kepada wartawan Senin (27/5/2024).

Menurutnya, untuk mendukung terjalinnya kerjasama antara Pemkab Cianjur dan investor dari Korsel tersebut, harus didukung dengan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang memadai, terutamanya akses jalan sesuai regulasi. “Kalau kita berbicara soal infrastruktur itu, kan tergantung pada Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Namun, SDM yang kita punya dibidang khusus vokasi tujuannya agar warga Cianjur bisa bersaing dengan daerah lain,” tegasnya.

Meskipun ada keterlambatan perbaikan infrastruktur, lanjut Paeruzillah itu akibat dari Perda RTRW nya belum disahkan, pihaknya akan jalan secara mandiri. Namun, tetap investasi harus jalan terus.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Kadin Jawa Barat (Jabar) Cucu Sutara. Pasalnya, terkait soal pembahasan investasi antara pemkab Cianjur bersama delegasi dari Korea Selatan menjadi PR pertama bagi ketua kadin terpilih. “Nanti, tepatnya pada 6 hingga 10 Juli, kita jadwalkan delegasi Korea Selatan bertemu dengan Pemkab Cianjur. Bisa membahas investasi manufaktur, pangan, dan waste to energy,” ucapnya.

Kadin Kabupaten Cianjur, lanjut Cucu harus mampu memajukan perekonomian Cianjur karena kadin merupakan induk organisasi dunia usaha. “Harus bisa jadi fasilitator, ikut menyampaikan aspirasi para pengusaha, dan menjadi penengah segala permasalahan dunia usaha di Cianjur,” katanya.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengaku sangat mengapresiasi jajaran Kadin di Cianjur dan mengucapkan selamat atas dilantiknya jajaran pengurus Kadin Kabupaten Cianjur periode 2023-2028 pun mengucapkan selamat. “Saya atas nama Bupati Cianjur mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua Kadin yang baru juga pada pengurus yang dilantik. Kita harapkan bisa membantu peningkatan ekonomi di Kabupaten Cianjur. Apalagi dengan Perda RTRW yang sebentar lagi selesai, sehingga rencana Kadin bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Dia mengaku jika Pemkab Cianjur telah memiliki Perda Insentif yang memudahkan investor berinvestasi di Cianjur. “Disamping RTRW, kita juga ada Perda Insentif. Sehingga upaya kadin untuk meningkatkan perekonomian dan mendatangkan investor ke Cianjur akan lebih mudah,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.