Cuaca Ekstrim, Ini Laporan 35 Bencana Hingga Pekan Kedua Januari

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, mengeluarkan data laporan bencana per tanggal 20 Januari 2021. Tercatat, sudah ada 35 kejadian bencana melanda selama kurun waktu dua pekan. IST

CIBINONG – Hingga pekan kedua Januari 2021 ini, tercatat sudah ada 35 kejadian bencana yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor.

Hal ini terungkap dari data yang dicatat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, pertanggal 20 Januari 2021. Dari 35 kejadian bencana tersebut, ada 19 kecamatan dan 30 desa/kelurhan yang terdampak bencana.

“Kejadian bencana terbanyak adalah musibah tanah longsor sebanyak 16 kejadian dan angin kencang sebanyak 10 kejadian,” ungkap Budi Pranowo, Sekdis BPBD Kabupaten Bogor, Kamis (21/1/2021).

Bencana lainnya yang tercatat di BPBD, lanjut Budi Pranowo, adalah musibah bencana banjir 1 kejadian, kekeringan 2 kejadian, kebakaran 1 kejadian dan 5 kejadian bencana lainnya seperti pohon tumbang, rumah roboh dan orang hanyut.

Ia menambahkan, BPBD juga telah mencatat dampak kerugian yang ditimbulkan akibat dari 35 kejadian bencana tersebut. Yaitu, ada dua orang korban meninggal dunia serta korban luka sedang dan luka ringan masing – masing satu orang.

Selain itu, masih kata Budi Pranowo, akibat adanya 35 kejadian bencana itu, tercatat ada 74 mengungsi serta sebanyak 376 Kepala Keluarga (KK) dan 1. 471 jiwa, ikut menjadi korban terdampak musibah bencana.

“Dampak lainnya, tercatat 5 rumah rusak ringan, 17 rusak sedang dan 4 rusak berat. Selain itu, ada dampak kerusakan lainnya, yaitu satu sarana pendidikan, dua sarana fasos fasum, satu jembatan dan satu sarana pengairan,” pungkas Budi Pranowo. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.