Cuaca Buruk Musim Hujan, Camat Ciseeng Imbau Warga Waspada Bencana

CISEENG –Kerap diterpa hujan deras dan angin kencang, Camat Ciseeng, Kabupaten Bogor, Yodi Ermaya mengimbau warganya agar selalu berhati-hati dan selalu waspada terhadap kejadian bencana alam. Hampir satu pekan penuh wilayah Kabupaten Bogor diguyur hujan dan angin kencang, bahkan beberapa wilayah di Ciseeng kerap diterjang banjir dan tanah longsor.

“Terutama untuk diwilyah-wilayah yang memang rawan longsor tuh harus waspada. Seperi di wilayah Desa, Karihkil, Putatnutug dan Cibeuteung muara, karena itu berada di pinggir Kali Cisadane,” kata Camat Ciseeng Yodi Ermaya.

Menurutnya, untuk menanggulangi akan hal terjadinya bencana alam, warga masyarakat harus cepat tanggap dan cepat bertindak. Terutama RT/ RW dan Kades agar cepat respon dan segera melaporkan ke BPBD setempat maupun ke pihak terkait.

“Jadi sekarang mah RT/RW dan Kades itu harus seperti Tentara-TNI, dia tuh harus cepat tanggap dan bertindak, paling tidak harus cepat lapor. Sebetulnya kalau itu bisa dilaksanakan Insya Allah apapun yang terjadi akan cepat tertanggulangi,” ujar Yodi yang belum lama menjabat sebagai Camat Ciseeng itu.

Lebih lanjut, ia memgatakan, dengan permasalahan kondisi seperti itu dan dibiarkan serta lambat dalam pelaporan akan menjadi efek domino dan memperlambat dalam penanganan maupun bantuan. “Mangkanya saya sering kali meminta pada aparatur dibawah supaya cepat tanggap, cepat tindak dan cepat lapor. Dan sebetulnya itukan slogannya TNI, tinggal realisasi dan pelaksanaannya seperti apa?,” pintanya.

Ia juga mengatakan, beberapa wilayahnya sudah terjang angin puting beliung yang menimpah warganya dan tentunya respon serta kesigapan pemerintah desa harus lebih ditingkatkan. “Beberapa hari sebelumnya juga ada beberapa rumah di dua desa yang terkena angin puting beliung. Desa Cibeueteung Udik dan Ciseeng, tapi Alhamdulillah sudah kita tangani dan bantuan juga dari pihak terkait sudah tersalurkan. Kalau soal bencana alam itukan sebetulnya kita yang harus bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.