Cegah Korban Jiwa, Ketua DPRD Imbau Masyarakat Segera Lapor Jika Temukan Kondisi Rawan Bencana

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Dok.DPRD)

CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan kondisi infrastruktur di wilayah mereka yang rawan terkena bencana kepada instansi terkait.

Hal tersebut menurutnya, adalah upaya untuk meminimalisir adanya korban jiwa yang diakibatkan bencana.

“Warga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap tanda-tanda kemunculan bencana. Lapor jika terjadi bencana,” ungkap Rudy dalam keterangannya, Rabu 17 April 2024.

Rudy menjelaskan, laporan masyarakat kepada pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan lembaga berkaitan lainnya akan sangat membantu mencegah adanya korban jiwa.

“Nantinya, pihak terkait akan melakukan penilaian kebencanaan untuk mengetahui potensi bencana di wilayah tersebut,” jelas Rudy.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat lebih waspada terhadap bencana, terutama bagi yang tinggal di wilayah rawan seperti bantaran tebing dan sungai.

“Kita harus selalu waspada karena bencana bisa terjadi kapan saja. Tetaplah tenang dan evakuasi diri dan orang lain begitu bencana terjadi,” tutur Rudy.

Rudy pun mengingatkan orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka agar tidak bermain sembarangan, seperti berenang di sungai yang sewaktu-waktu bisa meluap akibat hujan.

“Saya harap orang tua dapat memperhatikan anak-anak mereka dengan baik. Jangan biarkan mereka bermain di tempat yang berbahaya seperti sungai dengan arus yang deras,” katanya.

Tak lupa, Rudy juga mengapresiasi kerja keras petugas SAR yang cepat tanggap dalam menangani bencana. Ia berharap agar mereka terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada petugas SAR gabungan karena telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tandasnya. =KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.