Cegah Hepatitis, Plt Bupati Minta Orang Tua Siswa Jaga Anak di Rumah

(Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta orang tua siswa yang anaknya libur sekolah atau belajar daring karena ruang kelas digunakan murid lainnya untuk ujian, agar menjaga anak-anaknya.

Iwan menilai pengawasan orang tua terhadap anak untuk tidak berlibur merupakan upaya pencegahan anak dari Hepatitis Akut. Sebab umumnya, penyakit tersebut rentan menyerang anak usia 1 bulan sampai 16 tahun.

“Orang tua murid yang anaknya diliburkan karena gedung sekolahnya dipakai murid yang akan menjalani ujian, jangan terlena dengan berjalan-jalan atau wisata, lebih baik anaknya belajar di rumah,” tegas Iwan, Minggu (16/5/2022).

“Permintaan atau himbauan belajar di rumah itu juga bagian dari antisipasi pencegahan penyebaran hepatitis akut, yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya,” tambah dia.

Sementara, kasus penyebaran Hepatitis Akut ini juga menjadi perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor yang meminta Dinas Pendidikan (Disdik) dan para orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak-anaknya.

“Kami juga mengimbau Disdik dan para orang tua untuk memperhatikan anak-anak di sekolah atau di rumah. Perhatikan asupan makanan anak. Terapkan pola hidup bersih dan sehat,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina.

Mike menjelaskan, gejala Hepatitis akut hampir mirip dengan Hepatitis A, B, C, D dan E. Yakni, demam disertai diare, mual, muntah dan sakit perut.

“Termasuk warna mata dan kulit yang menguning, lalu kejang serta kesadaran menurun. Itu harus diwaspadai, terutama bagi masyarakat yang punya balita,” tuturnya.

Jika ditemukan gejala awal yang disebutkan, Mike mengimbau masyarakat untuk membawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan pertama. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.