Catatan Damkar Cianjur 2021, Kebakaran 99 Kali dan Satu Orang Meninggal Dunia

CIANJUR— Operator Pos 1 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur, mencatat selama tahun 2021 ada sebanyak 99 kejadian kebakaran. Hanya peristiwa kebakaran yang terjadi menyebabkan satu orang meninggal. Kerugian dalam peristiwa kebakaran tersebut, ditaksir mencapai Rp 9 miliar lebih.

Operator Pos 1 Damkar Kabupaten Cianjur Mickey Arizona kepada wartawan Rabu (15/12/2021), mengatakan, penyebab kebakaran pun bervariatif, namun kebanyakan didominasi sekitar 60% akibat arus pendek listrik (Konsleting-Red), 30 % dari tabung kompor gas dan tungku, dan 10% akibat charger peralatan elektronik serta lainnya.

“Namun selama 2021 ini, dari banyaknya peristiwa kejadian kebakaran dibeberapa wilayah Kabupaten Cianjur. Hanya tercatat satu orang yang meninggal akibat kebakaran ini, yakni di wilayah kerja Pos Cikalongkulon,” terangnya.


Mickey pun berpesan kepada seluruh warga Cianjur agar senantiasa beerhati-hati dan waspada akan kemungkinan terjadinya peristiwa kebakaran. Bahkan masyarakatpun dipersilahkan untuk memiliki alat proteksi kebakaran seperti alat pemadam api ringan (APAR).

“Kami imbau kepada semua warga masyarakat agar tetap waspada dan siaga dalam segi pencegahan. Kewaspadaan dalam pencegahan tersebut, istilahnya sedia payung sebelum hujan. Masyaraka juga diperbolehkan memiliki alat proteksi APAR, baik ditempat bekerja maupun dirumahnya masing-masing,” imbaunya.


Saat ini, lanjut Mickey Damkar Kabupaten sudah memilik sebuah aplikasi dimedia sosial (Medsos) maupun nomor darurat seperti di Instagram, Facebook dan YouTube. Jika ada kejadian-kejadian darurat masyarakat dapat menghubungi aplikasi ataupun nomor darurat.

“Memang warga masyarakat bisa melihat dari medsos yang telah dimiliki oleh Damkar, seperti di Instagram, Facebook, atau YouTube. Selain itu, bisa juga menghubungi nomor kontak darurat ke Pos penjagaan Damkar 1 Cianjur pada nomor 0263281392,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.