Cari Potensi Terbaik Asli Kabupaten Bogor, Puluhan Atlet Bakal Ikuti Seleksi Cabor Petanque

Dian Firmansyah. IST

CIBINONG – Pengurus Cabang Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Bogor, mulai mempersiapkan calon atlet yang akan diberangkatkan menghadapi Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) Jawa Barat 2026, di Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Bekasi.

Persiapan yang dilakukan cabor Pétanque besutan Dian Firmansyah ini tentunya dengan menggelar seleksi kepada 40 orang lebih calon atlet perwakilan dari 4 klub, serta perorangan, yang rencannya akan dilaksanakan, di Lapangan Petanque Sekolah Cendikia BAZNAS, Kecamatan Cibungbulang, pada 23 Juni 2024 nanti.

Dikatakan Ketua Umum FOPI Kabupaten Bogor, Dian Firmansyah, seleksi yang dilakukan pihaknya, merupakan satu keharusan dalam mencari potensi-potensi terbaik dari semua peserta yang akan ambil bagian pada seleksi.

Sebab, sambung Dian, dari seleksi tersebut, tentunya tim pelatih, maupun bidang prestasi, bisa melihat potensi-potensi terbaik dari masing-masing atlet.

”Seleksi ini terbuka untuk umum. Karena kita ingin, semua putra-putri Kabupaten Bogor, bisa menjadi bagian dari skuad Petanque Kabupaten Bogor untuk berjuang di ajang BK Porprov maupun pada saat Porprov Jabar 2026 mendatang,” kata Dian Firmansyah, Rabu (12/6/2024).

Dian menjelaskan, para calon atlet yang lolos dalam seleksi nanti, pastinya akan terus dibina dan diperkuat program latihannya bersama tim pelatih.

Namun, kata Dian, seleksi tetap berjalan hingga saatnya tim pelatih akan menetapkan siapa-siapa saja atlet yang akan diberangkatkan untuk bertanding dalam pelaksanaan BK Porprov Jabar 2026.

”Seleksi berjalan tetap kita lakukan. Bahkan tim pelatih juga akan menerapkan sistem promosi degradasi. Karena kita ingin, atlet-atlet terbaiklah yang kita berangkatkan dalam meraih tiket lolos dari BK, menuju Porprov Jabar 2026 mendatang,” kata Dian menjelaskan.

“Kita berharap banyak atlet asli warga Kabupaten Bogor yang nantinya akan mewakili Kontingen ’Bumi Tegar Beriman’ dan mengharumkan nama Kabupaten Bogor di bidang olahraga Petanque pada ajang Porprov Jabar 2026,” kata Dian.

Tak hanya itu, kata Dian, pihaknya juga sudah mendapatkan dukungan penuh dari KONI Kabupaten Bogor, maupun dari Bagian Hukum dan Advokasi, yang diwakili oleh Nurdin Ruhendi, SH.

”Saya mewakili jajaran pengurus FOPI Kabupaten Bogor, sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari KONI, maupun dari Bagian Hukum dan Advokasi, yang diwakili oleh Nurdin Ruhendi, SH. Mudah-mudahan dukungan ini bisa menjadi motivasi kami dalam mencapai prestasi emas di ajang olahraga empat tahunan di Tanah Pasundan tahun 2026 mendatang,” kata Dian.

Sementara itu perwakilan dari Bagian Hukum dan Advokasi, Nurdin Ruhendi, sangat mengapresiasi semangat Pengcab FOPI dalam mempersiapkan calon atletnya untuk Porprov 2026.

Bukan itu saja, Nurdin juga menyatakan harapannya agar atlet FOPI Kabupaten Bogor dapat meraih prestasi gemilang untuk membawa kemenangan di Jawa Barat walaupun persaingan sangat ketat.

Apalagi sambung Nurdin, saat ini cabor Petanque termasuk salah satu cabang olahraga yang semakin diminati. Maka, kata Nurdin, dengan semakin banyaknya peminat, diharapkan kedepannya Pengcab Petanque memiliki potensi besar untuk memperkaya prestasi olahraga Kabupaten Bogor.

Tak hanya itu, kata Nurdin, dengan seleksi atlet yang ketat, FOPI Kabupaten Bogor, dapat membentuk tim yang solid dan kompetitif untuk menghadapi kompetisi tingkat provinsi maupun nasional.

Di tempat terpisah, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bogor, Dedi Ade Bachtiar, akan mendukung langkah Pengcab FOPI dalam mencari potensi atlet terbaik, melalui seleksi yang akan dilaksanakan Pengcab FOPI dalam waktu dekat ini. Bukan itu saja, kata pria yang akrab disapa Ayah ini, dirinya juga akan menyempatkan waktunya untuk hadir dan menyaksikan seleksi yang akan digelar Pengcab FOPI.

”Kalau tidak ada halangan, saya akan menyempatkan waktu saya untuk hadir dan memberikan suport kepada para calon atlet yang ikut dalam seleksi cabor petanque,” kata Ayah. =ADI


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.