Campakamulya Cianjur Diserang Angin Puting Beliung dan Banjir, Begini Kerusakan Rumah Warga

Kondisi rumah akibat bencana hujan deras yang disertai angin puting beliung yang menerjang Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya. Esya | Pakar

CIANJUR—Akibat diguyur hujan deras yang disertai angin puting beliung di Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur, Senin malam (31/2/2022), sebanyak 40 rumah warga rusak dan terancam tergerus banjir badang akibat luapan air sungai Cibodas. Beruntung didalam kejadian bencana alam tersebut, tidak ada korban jiwa.


“Hal tersebut, terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan wilayah Kecamatan Campakamulya, pada siang harinya sekitar pukul 14.00 WIB hingga sore hari. Selain itu bencana angin puting beliung juga menerjang kawasan ini pada hari yang sama. Akibatnya puluhan rumah mengalami kerusakan dan terancam rawan untuk ditempati,” kata Kepala Desa (Kades) Sukabungah, Asep Juanda saat dihubungi melalui telepon genggamnya Rabu, (2/2/2022).


Menurutnya, akibat bencana alam yang terjadi tersebut menyebabkan sekitar 8 Hektare lahan pertanian di kedusunan rusak berat atau gagal tanam, 12,6 Hektare lahan pertanian dikedusunan Citiis rusak berat sehingga gagal tanam dan 15 Hektare lahan pertanian Kadusunan Ciparay rusak berat. Beruntung dalam perstiwa kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa.


“Memang selain gagal panaen puluhan hektar lahan pertanian akibat terjadinya luapan aliran sungai tersebut, sekitar 1 unit rumah rusak berat dan 4 rumah terancam di Kampung Jambudipa RT 04 RW 01. Selain itu, hujan deras yang disertai angin puting beliung telah meluluh lantakan puluhan rumah warga lainnya. Ada yang tertimpa pohon tumbang dan atapnya ambruk,” terangnya.


Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Cianjur melalui Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Kabupaten Cianjur, Wendy Mulyadi membenarkan jika pihaknya bersama tim BPBD Kabupaten Cianjur, begitu mendapatkan laporan adanya kejadian bencana langsung diterjunkan kelapangan.


“Saat tim BPBD Kabupaten Cianjur, melakukan asessment dilapangan dibantu Kapolsek Campaka, Kecamatan Campakamulya, anggota Retana, Babinmas, Babinsa, Kaposmil, apara desa Sukabungah dan Campakamulya bersama warga. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, sementara 6 keluarga yang terdiri dari 12 jiwa kami evakuasi ke tempat lebih aman,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.