Camat Rumpin Siap Bantu Kembangkan Budikdamber

Camat Rumpin Rusliansy didampingi pengurus yayasan Transformasi Anak Bangsa saat meninjau lokasi budi daya ikan dalam ember di Desa Sukamulya. Fahri | Pakar

RUMPIN – Yayasan Transformasi Anak Bangsa mengembangkan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) untuk warga dan pemuda desa di Kecamatan Rumpin dengan menargetkan 200 buah ember guna meningkatkan ekonomi masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

Pihak yayasan telah memberikan pelatihan budidaya ikan dalam ember dan aquaponik telah digelar untuk masyarakat dan pemuda Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin kerjasama dengan karang Taruna desa setempat.

Ketua Yayasan Transformasi Anak Bangsa Hadi Wiryo mengatakan, dalam program budikdamber dan aquaponik adalah kloter pertama yang diserahkan untuk pemuda yang sudah mengikuti pelatihan yaitu ebanyak 15 budikdamber dan aquaponik.

“Kloter selanjutnya akan terus kami tungkatkan. Budikdamber menggunakan sistem aquaponik, karena menggunakan sisa-sisa kotoran dari ikan, sayuran yang tumbuh dan bisa dimakan bersama oleh masyarakat,” ungkap Wiryio sapaan akrabnya, Selasa (9/3/2021).

Gayung bersambut, Camat Rumpun Rusliandy yang datang ke lokasi budikdamber tersebut mengatakan bahwa program ini sangat luar biasa guna melatih pemuda serta karang taruna dan beberapa perwakilan masyarakat Desa Sukamulya.

“Pelatihan yang diberikan pihak yayasan transformasi bangsa untuk pemuda karang taruna Desa Sukamulya ini adalah bidang pertanian dan peternaikan ikan. Jika berhasil akan menghasilkan panen ikan lele sekaligus panen tanaman sayuran jenis kangkung,” tuturnya.

Rusliandy berjanji akan terus memberikan dukungan terhadap kegiatan program budikdamber dan aquaponik ini guna pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan sekaligus membangun ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19.

“Jadi kalau ini berhasil, kami berharap bisa kami ditularkan dan sikembankan ke 13 desa lainnya yang ada di kecamatan Rumpin, sebagai pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi Budikdamber dan aquaponik,” pungkas Rusliandy. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.