Camat Cijeruk Dongkrak UMKM Melalui Potensi Pelaku Usaha di Wilayah

Camat Cijeruk saat menemui pemilik Coffee Bree and Chicken

CIJERUK – Minimnya dukungan dari sejumlah pengusaha terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil Dan menengah (UMKM) di Kecamatan Cijeruk mendapat respon positif dari Camat Cijeruk Sobar Mansoer dengan menyambangi sejumlah pengusaha restauran, cafe, hotel. Kedatangan orang nomor satu di Cijeruk tersebut untuk meminta agar para pengusaha mendukung dan memfasilitasi pelaku UMKM  sehingga mampu mengembangkan usahanya disetiap tempat wisata restauran maupun hotel dan tempat lainnya di Kecamatan Cijeruk.


“Kedatangan kami kepada pengusaha selain silaturahmi, juga membawa misi UMKM. Bagaimana mereka dapat mendukung para pelaku UMKM baik dari pemasaran maupun permodalan,” kata Sobar Mansoer kepada Pakar.


Dia menjelaskan, saat ini dukungan kepada para pelaku UMKM memang sudah ada, akan tetapi belum maksimal. Oleh karena itu lanjut dia, kehadiran dirinya untuk memaksimalkan dukungan para pengusaha yang tergabung dalam paguyuban.


“Masalah UMKM itu kan Cuma tiga, yang pertama permodalan, kedua pemasaran yang terakhir manset atau Sumberdaya Manusia (SDM). Ketiga itu yang harus mendapat dukungan sehingga usaha mereka bisa berkembang,” ungkapnya.


Sementara owner Bree Coffee da Kitchen Hani Wijaya mengatakan, saat awal membuka usaha diwilayah Cijeruk dirinya sempat mencari produk lokal asli Cijeruk, bahkan untuk bahan baku usahanya juga dia menegaskan sempat mencari diwilayah Cijeruk.


“Sebenarnya dari awal kami buka itu sudah membuka ruang bagi UMKM, namun saat itu karena mungkin kami baru buka usahanya, sehingga kurang mendapatkan respon dari UMKM Cijeruk,” ucapnya.


Dia mengaku, saat ini usahanya yang sudah berkembang pesat siap untuk membuka pintu dan membantu para pelaku UMKM ditempat usahanya. “Dari awal kami siap membantu dan mendukung UMKM, makanya silahkan jika memang ada yang bisa dipasarkan kami siapkan outlet, namun kemasan dan kualitasnya harus terjamin,”akunya.


Dia menambahkan, bahan baku untuk usaha yang dimiliki nya siap mengambil dari UMKM, akan tetapi harun memenuhi standar dan kualitas yang ditetapkan perusahaannya. “Kalau untuk bahan baku, dan jika memang kualitas dan standarnya sesuai kebutuhan kami, kenapa juga kami ambil dari jauh. Akan lebih baik jika mengambil dari dekat,” tegasnya.


Jajang Sekretaris UMKM Kecamatan Cijeruk menambahkan, dirinya berterima kasih kepada pihak kecamatan yang sudah mendukung perkembangan UMKM Cijeruk, sehingga pihaknya mendapatkan masukan, baik dari kemasan maupun dari segi kualitas. “Kami sangat berterima kasih kepada pak camat yang sudah sangat peduli hingga mendatangi pengusaha. Yang bertujuan untuk mendukung UMKM Cijeruk,” ucapnya.


Dia mengaku, UMKM Cijeruk dengan berbagai produk lokal siap bersaing dalam segi kemasan maupun kualitas sehingga mampu menempuh pasar nasional. “Kalau soal kualitas dan kemasan, kami sudah siap bersaing, sehingga bisa membuktikan jika Cijeruk memiliki khas dan mampu mampu untuk bersaing dengan produk lain,” pungkasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.