Calon Peserta Isbat Nikah Tahap 2 di Cibungbulang Terverifikasi 43 Pasangan

Camat Cibungbulang, Agung Surachman Ali. (Jefri | Pakar)

CIBUNGBULANG – Camat Cibungbulang, Agung Surachman Ali mengatakan, sebanyak 43 pasangan terverifikasi sebagai peserta isbat nikah dari 50 pasangan yang mendaftar.

Menurut dia, isbat nikah digelar Pemcam Cibungbulang yang bekeria sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA), dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kabupaten Bogor pada 15 Desember mendatang.

“Keempat puluh tiga pasangan suami istri yang menjadi peserta isbat nikah di bulan Desember mendatang, merupakan peserta yang lolos verifikasi, karena mereka sudah memiliki kelengkapan data dan berkas,” kata Agung Surachman Ali.

Camat menambahkan, sebelumnya yakni pada Isbat nikah ditahap 1, dari 150 jumlah pasangan yang mendaftar, hanya 78 pasangan saja yang terverifikasi. “Sebab mereka sudah memiliki kelengkapan admintrasi, data dan berkasnya,” jelasnya.

“Maka total jumlah pasangan suami istri di Cibungbulang yang sudah diisbat nikah mencapai 121 pasangan,” ungkapnya.

Selain itu tambah Camat, banyaknya calon peserta yang mendaftar isbat nikah ini juga menandakan jika program sosialisasi isbat nikah yang disampaikan oleh desa dan kecamatan guna mencegah adanya pernikahan di bawah tangan, sudah disambut baik oleh warga.

Agar diketahui kata Camat, isbat nikah untuk tahap 2 kali ini, semua usia pasangan suami istri yang terdaftar, rata-rata berumur 50 tahun ke atas yang merupakan pasangan lama.

“Program isbat nikah Cibungbulang yang kami laksanakan, bertujuan untuk mencegah tidak ada lagi pasangan suami istri di wilayah kami yang terkategori nikah siri di bawah tangan,” tukasnya.

Ijan dan Sarti, pasangan suami istri peserta isbat yang gagal diverifikasi, menyatakan akan kembali mempersiapkan berkas dan data untuk kembali mendaftar pada isbat nikah tahap 3, itu pun, kata dia, apabila pemerintah kecamatan Cibungbulang menyelenggarakannya lagi.

“Walaupun sekarang tidak lolos, namun Kami tetap akan mendaftar lagi pada penyelenggaraan isbat nikah selanjutnya, “pungkasnya. =JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.