Bupati Perintahkan Inspektorat Periksa Hasil Samisade

Bupati Ade Yasin mengabsen Kades dan Camat dalam acara evaluasi program infrastruktur desa 2021, di Gedung Auditorium Setda Pemkab Bogor, Kel. Tengah, Kec. Cibinong, Kab. Bogor, Selasa [22/3/2022] siang. (Andrey | Pakar)

CIBINONG- Bupati, Ade Yasin dalam acara evaluasi bantuan infrastruktur desa, di Gedung Auditorium Sekretariat Daerah [Setda] Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Bogor, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor Selasa [22/3/2022] siang, memulainya dengan mengabsen satu-satu, baik Camat maupun Kepala Desa [Kades].

Menariknya, Sekretaris Daerah [Sekda] Burhanuddin langsung memerintahkan Kades dan Camat yang tidak hadir untuk mengikuti kegiatan evaluasi ulang yang rencananya digelar di Aula Sanika Satyawada Polres Bogor, di Jalan Tegar Beriman, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, Bupati menginstruksikan kepada Kepala Inspektorat, Ade Jaya Munadi untuk memeriksa program Satu Miliar Satu Desa [Samisade]. “Semua data harus masuk dulu. Selanjutnya, Inspektorat memberikan laporan, jika ada kerugian anggaran dari program ini,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, jika ada kerugian langsung diganti uang ini ke Negara. “Jadi jangan langsung lapor ke Polsek atau Polres, karena saya tidak ingin melihat kepala desa yang masuk penjara dan menderita karena program ini,” ujarnya.

Kepada pemerintah desa [Pemdes], Bupati menekankan agar koordinasi setelah selesai pekerjaan langsung diperiksa oleh Inspektorat. “Tolong jaga amanat ini untuk membangun desa, jangan dipakai untuk kepentingan pribadi, program Samisade hanya ada di Kabupaten Bogor,” papar Bupati Ade.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak kades untuk lebih teliti dalam pembuatan laporan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Apalagi sampai masuk penjara,” pungkasnya.=NDR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.