Bupati Cianjur Tandatangani MoU Pengembangan Ekonomi Kreatif

Bupati Cianjur Herman Suherman saat menyaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam penandatanganan Mou pengembangan ekonomi kreatif di creativa center, Kota Bogor. (Ist)

BOGOR – Bupati Cianjur H.Herman Suherman, Selasa (25/5/2021) ikut melakukan MoU atau Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Daerah Provinsi Jabar dan sembilan kabupaten/kota di Jabar terkait pengembangan ekonomi kreatif di Kota Bogor. Kesembilan kabupaten/kota tersebut antara lain Pemkot Bogor, Pemkab Cianjur, Pemkot Cirebon. Pemkot Bekasi, Pemkot Tasikmalaya, Pemkab Purwakarta, Pemkab Subang, Pemkab Sumedang dan Pemkab Indramayu.

Materi kerjasama diantaranya terkait sinkronisasi program ekonomi kreatif, pengembangan kapasitas pelaku ekonomi kreatif, pertukaran data dan informasi ekonomi kreatif, pemanfaatan Gedung Creative Centre dan aktivasi Creative Centre.

Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil dalam kesempatan itu mengatakan, pembentukan badan ekonomi kreatif di kabupaten/kota merupakan salah satu upaya untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai syarat mewujudkan Indonesia Emas 2045. “Saya titip kepada kepala daerah di kabupaten/kota juga punya badan ekonomi kreatif lokalnya, sebagai dasar hukum lembaga untuk menghimpun ini secara jelas,” kata Kang Emil.

Gubernur menjelaskan perlunya penyiapan mayoritas penduduk Indonesia untuk menjadi mesin negara, bukan sebaliknya malah menjadi beban bagi Negara. “Inilah cara generasi kami yang sedang memimpin. Generasi X ini untuk mewadahi lahirnya pondasi gagasan agar kita menjadi bangsa pemenang,” sebutnya.

Sementara, Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, menegaskan, Cianjur akan bisa bekerjasama dengan kabupaten dan kota lainnya di jawa barat, khususnya tentang sinkronisasi program ekonomi kreatif, pengembangan kapasitas pelaku ekonomi kreatif serta pertukaran data dan informasi ekonomi kreatif itu.

“Anak-anak muda di daerah termasuk di Cianjur merupakan aset penting bagi bangsa, sehingga jika anak-anak muda ini terprogramkan dari sekarang, maka hasilnya akan melahirkan kemajuan bagi bangsa di masa yang akan datang,” pungkas Herman. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.