Bupati Cianjur Resmikan Rumah Tahan Gempa di Cugenang, Ini Keunggulannya

CIANJUR – Rumah Tahan Gempa (RTB) bagi warga terdampak gempa bumi yang berbentuk segitiga tipe 36 dengan ukuran rumah 6×6 meter di Desa Mangunkerta dan Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, diresmikan Bupati Cianjur, H Herman Suherman bersama Perwakilan Sampono Care melalui Direktur PT. Infra Karya Pratama, Siti Rumiati, Senin, (19/12/2022).


Perwakilan Sampono Care melalui Direktur PT. Infra Karya Pratama, Siti Rumiati mengatakan keunggulan RTB ini, dilengkapi saluran pembuangan dan memiliki 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi dan fasilitas penunjang lainnya layaknya rumah pada umumnya. Pendirian rumah percontohan tahan gempa itu merupakan salah satu program dari penanganan bencana gempa diwilayah Cianjur.


“Memang ini, untuk membantu proses penanganan mulai dari evakuasi dan penanganan korban gempa bumi, mendirikan tenda darurat, dapur umum, menyalurkan bantuan logistik, serta membangun RTB, MCK, dan Mushola,” kata Siti kepada awak media, Senin, (19/12/2022).


Menurutnya dalam pembangunan RTB ini, menggunakan material yang relatif ringan dan cepat serta dengan anggaran yang relatif murah.”Sesuai perancangan dan pembangunan RTB gempa tersebut memakan waktu selama kurang lebih 2 minggu. Diperkirakan menghabiskan anggaran berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 60 juta,” ujarnya.


Sementara itu, Bupati Cianjur ,H Herman Suherman mengaku bantuan RTB gempa dari Sampono Care ini, dapat dijadikan contoh oleh masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan kategori berat. “Ini dapat dijadikan contoh bagi masyarakat yang akan membangun rumahnya yang rusak akibat gempa bumi,” kata Herman.


Ia juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak yang peduli terhadap kondisi masyarakat terdampak gempa terutama perihal hunian. “Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Sampono Care dan ini sangat bermanfaat sekali,” pungkasnya. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.