Bumdes Muda Mandiri Rangkul Bakat Seni Kaum Milenial Bantar Karet

NANGGUNG – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Muda Mandiri Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Senin (29/11/2021), berhasil menseleksi puluhan anak muda asal desa tersebut yang berpotensi dibidang Seni Suara, stand Up Comedi, Sendratari, Seni Lukis dan Seni Musik untuk dibina dan ditumbuhkan kembangkan menjadi aset potensial yang nantinya di tempatkan di beberapa lokasi Wisata.

Asep Mukhlis Ketua Bumdes Muda Mandiri mengatakan, Seleksi tersebut bertujuan mencari potensi anak anak muda Bantar Karet yang punya bakat terpendam di bidang kesenian, seperti bernyanyi, Menari, stand Up Comedi, Melukis hingga bermain musik dengan kelompok Akustik grup band sampai mahir memainkan alat musik tradisional Sunda Degungan, yang akan di tampung di Komunitas Insan Seni Bantar Karet (KISB)

“Alhamdulilah dari hasil seleksi ini, kami berhasil menyaring puluhan anak muda Bantar Karet dengan segala kemampuan bakat seni terpendamnya. Diantaranya ada yang mahir tari menari, melukis, olah vokal, sampai tersaring beberapa grup band Akustik asli putra desa kami.”kata Asep Mukhlis Ketua Bumdes Muda Mudi Mandiri kepada Pakar Online.

Lanjutnya, tujuan dari hasil seleksi tersebut, dnantinya kesemua anak muda yang tersaring akan dibina dan ditempatkan dibeberapa Kafe Bumdes dan lokasi wisata di Bantar Karet.

“Peran anak anak muda yang terseleksi ini nantinya akan menyambut dan menghibur para wisatawan dari luar daerah yang datang kelokasi wisata kami seperti ke Kawasan Wisata Cikaret (Kawaci), Air Terjun Love dan ke beberapa lokasi lainnya sesuai kemampuan seni masing masing, termasuk akan diberi kesempatan tampil dibeberapa Kafe milik Bumdes Muda Mandiri yang ada di Bantar Karet Nanggung,” terangnya.

Masih kata Asep, Peran Bumdes Muda Mandiri disini hanyalah sebagai wadah bagi anak muda pecinta seni yang ingin berkiprah dan berapresiasi dalam menyalurkan bakat seninya.

“Alasan Bumdes melakukan seleksi seni ini, mengingat di Desa Bantar Karet banyak potensi yang dimiliki oleh anak anak mudanya dan Talenta mereka sungguh luar sangat biasa sehingga butuh wadah untuk pengembangannya. Oleh karena Bumdes Muda Mandiri terpanggil dan siap menjadi wadahnya. Sementara untuk acara puncak seleksi ini akan berlangsung 5 Desember mendatang,” tukasnya.

Lubis Sudira Wakil Ketua Bumdes Muda Mandiri menambahkan, ajang seleksi bakat seni anak Muda Bantar Karet adalah program baru yang digagas Bumdes Muda Mandiri, karena sebelumnya sudah ada program unggulan yang sudah berjalan seperti Desa Wisata, Jasa Perdagangan dan Usaha Pertanian.

“Agar diketahui, Bumdes Muda mandiri memiliki beberapa Kafe yang tersebar di Desa Bantar Karet maupun di beberapa tempat lainnya. Sedangkan untuk usaha Pertanian dan perkebunan, Bundes Muda Mandiri juga membina beberapa kelompok tani yang saat ini sedang mengolah sebuah lahan seluas 2000 meter persegi yang ditanami Kacang panjang. Dan Alhamdulilah di akhir tahun 2021 ini sudah masuk tahap dua penanaman menjelang panen,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.