Buka Pendaftaran Balontum, HIPMI Kota Bogor Siapkan Pergantian Zulfikar Priyatna

Suasana konprensi pers terkait Muscab HIPMI Kota Bogor ke-V, Senin (4/10/2021). IST

BOGOR – Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmpunan pengusaha muda Indonesia (HIPMI) Kota Bogor berencana akan mengadakan pemilihan Ketua Umum yang akan dilaksanakan dalam Musyawarah Cabang (Muscab) ke V priode 2021. Dari total 78 anggota aktif HIPMI Kota Bogor, sebesar 50 persen anggota sudah memenuhi syarat menjadi Calon Ketua umum (Caketum).

Penanggung jawab dan pengarah Muscab V 2021 yang juga ketua umum HIPMI Kota Bogor Zulfikar Priyatna mengucapkan, selamat kepada HIPMI Kota Bogor yang akan melaksanakan pergantian kepemimpinam yang akan dilaksanakan dalam Muscab HIPMI Kota Bogor ke V.

“Kebetulan masa jabatan saya berakhir sehingga menurut amanat organisasi harus segera dilakukan proses musyarwarah cabang bertepatan dengan berakhirnya kepengurusan HIPMI Kota Bogor priode 2018 – 2021,” katanya mengawali pembukaan Pengumuman Syarat Balontum Muscab HIPMI V 2021 di Resto Bumi Aki Jalan Pajajaran, Senin (4/10/2021) siang.

Zulfikar melanjutkan, pihaknya juga sudah memberikan SK kepada steering commite dan organizing commite untuk melaksanakan Muscab ke V. Sebagai ketua umum yang akan berakhir masa jabatannya ia berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa melahirkan pemimpin baru yang lebih baik lagi dan bisa menjawab tantangan dunia usaha, pelaku usaha dan bisa terus membawa HIPMI untuk menjadi organisasi pengusaha yang terus besar.

“Saya juga berharap pemimpin baru nantinya bisa terus memberikan kiprahnya sumbangsihnya kontribusinya dengan nyata, untuk dunia usaha dan bermitra strategis dengn seluruh pihak baik pemerintah kota, swasta dan lainya saya juga berharap HIPMI bisa mengisi peran tersebut, selamat saya ucapkan dan saya meminta masyarakat dan anggota nisa mensukseskan pesta demokrasi untuk mencari pimpinan baru ini,” katanya.

Di lokasi yang sama Ketua Steering Commite (SC) Panita Muscab HIPMI V 2021, Badru Kamal mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar pihaknya bisa menyaring calon ketua agar bisa bersinergi dengan unsur masyarakat, pemerintah, media dan unsur lainnya.

Panitia sudah membuat rumusan untuk kompetensi, ketua terpilih nanti harus sesuai kompetensi yang dibuat. Tanggal 25 September 2021 membuat kompetensi, 26 September hingga 30 September 2021 meeting konsultasi, semua syarat hasil konsultasi dari dewan kehormatan, dewan pembina dan BPD HIPMI Jawa Barat.

“Oktober awal, ada validasi hasil konsultasi, semua kompetensi ditetapkan sesuai AD/ART. Lalu diumumkan hari ini, pendaftaran dibuka mulai besok tanggal 5 Oktober 2021 dengan membagikan berkas pada Bakal Calon Ketum (Balontum). Akan dilakukan visit validasi dan verifikasi langsung juga, karena kami ingin mencari ketua umum yang benar-benar pengusaha. Tanggal 16 Oktober hingga 20 Oktober 2021 penentuan calon yang bisa masuk ke tahap berikutnya,” tutur Badru.

Badru melanjutkan, masa kampanye calon akan dimulai tanggal 23 Oktober 2021, banyak agenda sekali, ada juga seminar umum di kampus-kampus Kota Bogor.

“Untuk seluruh jumlah anggota HIPMI Kota Bogor data dari bidang OKK, ada total 78 anggota aktif dan 50 persen memenuhi syarat menjadi Caketum,” terang Badru.

Sementara itu, Ketua Organizing Commite (OC), Muhamad Zailani mengatakan, untuk pembukaan penerimaan berkas Balontum dibuka mulai 5 Oktober 2021 hingga 15 Oktober 2021 mendatang.

“Dalam Muscab ini kami memiliki kewajiban untuk mencari menscreening beberapa calon ataupun balontum Hipmi Kota Bogor, yang akan kami buat dan laksanakan dengan jujur dan adil serta demokratis,” katanya.

Tahapan Muscab ke V, ini kata Zailani sudah dimulai sejak September 2021 diawali dengan membuat daftar tahapan uji kompetensi hingga rangkaian steering commite dalam pelaksanaan Muscab V. Dalam merumuskan semua tahapan Muscab itu itu pihaknya juga sudah melakukan meeting konsultasi dengan dewan kehormatan dan dewan pembina HIPMI Kota Bogor yang juga didukung oleh BPD HIPMI Jawa Barat.

“Selanjutnya di bulan Oktober ini kami sudah validasi hasil dari konsultasi kami selama dua hari semua kompetensi minta tetapkan dan kita sosialisasikan ke commite sesuai dengan ART, dan saat ini kita masuk kedalam tahapan pengumuman dibukannya pendaftaran,” katanya.

Zailani menjelaskan, Balontum yang akan mendaftar diberikan waktu selama 10 hari sejak 5 Oktober 2021 hingga 15 Oktober 2021 untuk menyerahkan segalam persyaratan. Setelah persyaratan diterima maka selanjutnya akan dilakukan validasi dan visit atau kunjunhan ke semua balontum yang sudah menyerahkan persyaratan.

“Iya jadi kami akan validasi semuanya seuai integritas sampai dengan pajak perusahanan, karena kami betul-betul mencari ketua umum yang memang pegusaha, memang di HIPMI ini semua pengusaha tapi kita memiliki kriteria khusus untuk ketua umum,” jelasnya

Setelah itu selanjutnya akan ada pengarahan dari dewan kehormatan kepada seluruh balontum yang kemudian dilanjutkan dengan mas akampanye di tanggal 23 Oktober 2021.

“Ada dua tahapan kampanye, kampanye tertulis yaitu membuat malakalah dan kampanye lisan itu nanti ada debat pertama dan debat kedua. Terkait persyaratan Balontum yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai calon ketua umum ada 13 syarat khusus dan 10 syarat umum yang harus dipenuhi,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.