Brasil ke Perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 Usai Tekuk Arab Saudi 3-1

Penyerang Brasil U-23, Richarlison melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arab Saudi U-23 pada fase pamungkas Grup cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020, di Stadion Saitama 2002, Jepang, Rabu [28/7/2021], sore WIB. Dua gol Richarlison membantu Brasil menang 3-1 atas Arab Saudi. Twitter.com|@Tokyo2020

TIM Nasional [Timnas] Arab Saudi U-23, jadi korban Timnas Brasil U-23. Skuad Samba muda meraih kemenangan di fase pamungkas Grup cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020.

Asuhan skuad Andre Jardine menang meyakinkan dengan skor akhir 3-1 [1-1]. Kemenangan ini sekaligus menempatkan Richarlison dan rekan-rekan ke babak perempat-final.

Bermain di Stadion Saitama 2002, Jepang, Rabu [28/7/2021], sore WIB, Brasil sudah menunjukkan dominasi mereka sejak awal pertandingan. Tim arahan Jardine Andre sudah unggul sejak menit ke-14 berkat gol penyerang mereka, Mateus Cunha.

Akan tetapi, Arab Saudi yang tertinggal satu gol tak lantas menyerah. Mereka, bahkan sukses memaksa Brasil bermain imbang 1-1 di babak pertama berkat gol Abdulelah Alamri di menit ke-27’.

Di babak kedua Brasil kembali menguasai jalannya permainan. Umpan jarak dekat dan serangan cepat kembali mereka tunjukkan untuk membongkar pertahanan lawan di babak kedua kali ini.

Menit ke-76’ Richarlison berhasil kembali membawa Brasil memimpin. Memanfaatkan umpan Bruno Guimaraes, penggawa Everton itu sukses melesakkan bola ke gawang dan membuat skor berubah menjadi 2-1.

Para pemain Brasil pun kembali bermain dengan percaya diri usai berhasil memimpin. Sejumlah serangan terus mereka tunjukkan hingga menit-menit akhir pertandingan. Tepat sebelum laga usai, Richarlison kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Kali ini Richarlison memanfaatkan umpan yang dikirim Reiner. Tepat di menit ke-90’ gol kedua berhasil dicetak Richarlison sekaligus membawa Brasil menyudahi perlawanan Arab Saudi dengan skor akhir 3-1.

Dilansir dari ESPN, pelatih André Jardine memuji penampilan Richarlison dkk dalam pertandingan yang akhirnya Timnas Brasil U-23 menang 3-1 melawan Arab Saudi, dalam pertandingan babak penyisihan grup Olimpiade Tokyo.

André Jardine menegaskan, bahwa Brasil tidak akan memenangkan pertandingan mereka hanya dengan “kekuatan kaus” sepanjang turnamen.

“Itu adalah pertandingan yang sangat sulit. Saya pikir Arab Saudi pantas mencetak poin dalam kompetisi, mereka datang melawan kami dengan ambisi memenangkan pertandingan, pulang ke rumah dengan satu penampilan hebat terakhir, itu akan menjadi hasil bersejarah bagi mereka. Mereka bermain dengan sangat berani, mereka mencoba mengusulkan permainan, kami bergantian antara bertahan dan menyerang di dalam permainan. Mereka memiliki kelebihan di babak pertama, penyesuaian kami di babak kedua penting dan kami melakukannya karena pantas menang,” kata Jardine dalam konferensi pers, setelah pertandingan.

Ditanya tentang lawan berikutnya dalam kompetisi, Jardine menjelaskan bahwa tradisi saja tidak akan membawa Brasil jauh, dan bahwa tim harus bersiap, terlepas dari lawannya. 

“Jika kami menganalisis tiga pertandingan yang kami mainkan di fase pertama, kami menyadari bahwa kaos saja tidak bermain. Tim tradisional yang lebih rendah memainkan permainan sekeras Jerman. Kami memiliki debut yang hebat melawan tim yang lebih tradisional. Rahasianya adalah menghormati semua orang dengan cara yang sama, mempelajari lawan dan banyak fokus pada kami, pada semangat kami. Semoga seleksi menang, apapun lawannya,” tutupnya.

Dengan hasil ini, Brasil memimpin di Grup D, dengan tujuh poin, dan di perempat final menghadapi tempat kedua di Grup C, yang saat ini adalah Australia.=URI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.