BPN Pasang Patok Tanah Serentak di Tujuh Kecamatan di Wilayah Bogor Timur

Pemasangan patok tanda wilayah bidang tanah, salah satunya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Age | Pakar

SUKAMAKMUR – Badan Pertanahan Nasional (BPN) gelar pemasangan patok tanda wilayah bidang tanah dalam rangka persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di 7 Kecamatan, Kabupaten Bogor, Wilayah Bogor Timur.(13/10/2021)

Kepala Kantor (Kakan) Perwakilan Pertanahan Kabupaten Bogor, Andi Sugandi mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan PTSL wilayah kesejumlah wilayah, salah satunya yang kita lakukan di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

“Namun saat ini hanya 43 persen yang sudah melakukan sertifikat hak tanah, dari 600 ribu warga. Karena sekitar 280 ribu warga yang sudah bersertifikat, sisanya tinggal 320 ribu warga lagi. Dan ini salah satu tugas saya sebagai Kepala Kantor Pertanahan BPN Wilayah Timur untuk menyelesaikan tugas agar sertifikat tanah warga terselesaikan dalam program PTSL ini,” katanya.

Lanjut ia mengatakan PTSL ini harus segera diselesaikan dari Kementrian Pertanahan dan ditargetkan hingga tahun 2025 mendatang. Namun dari 7 Kecamatan di wilayah Bogor Timur harus segera selesai dalam kurun waktu 2024.

“Kita upayakan dalam sehari 150 sertifikat di 1 Desa dan itu harus di maksimalkan agar cepat selesai dan juga tepat sasaran. Namun untuk antisipasi banyaknya tumpang tindih kepemilikan surat hak atas tanah yang berada di 7 Kecamatan Wilayah Bogor Timur, kita akan melakukan pengecekan bidang tanah disetiap desa, serta mengupayakan meminimalisir adanya tunpang tindih kedepan nanti,” jelasnya.

Salah seorang warga Desa Wargajaya, Nindi menyambut baik adanya program PTSL yang digelar Kentor perwakilan BPN Kabupaten Bogor.

“Iya Alahamdulillah, akhirnya tanah saya bisa dibuatkam sertifikat, pastinya sebagai warga mendukung penuh program ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.