BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebayoran Baru Ciptakan Customer Satisfaction Melalui Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan

JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebayoran Baru Sosialisasikan Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan secara daring kepada ratusan Perusahaan Peserta, pada Kamis, 4 Juli 2024.

Sosialisasi yang diberikan meliputi manfaat layanan tambahan (MLT) program Jaminan Hari Tua (JHT), program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), program sertakan (pekerja rentan), serta informasi terkini terkait fitur aplikasi dan manfaat program pada aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebayoran Baru Husaini dalam keterangannya persnya hari ini menyatakan tujuan diselenggarakannya sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan tersebut untuk menciptakan customer satisfaction kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ditanyakan lebih lanjut mengenai sosialisasi manfaat layanan tambahan (MLT) program JHT, Husaini menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) menyediakan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Program JHT bagi peserta melalui kerja sama dengan perbankan untuk memberikan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) dan Kredit Renovasi bagi pekerja peserta BPJAMSOSTEK.

Tujuan adanya MLT ini antara lain memberikan kemudahan kepada peserta untuk memiliki rumah yang sehat, layak dan terjangkau.

“Oleh sebab itu kami juga menghadirkan pihak Perumnas sebagai nara sumber dalam sosialisasi MLT tersebut, agar para peserta bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat terkait hal kepemilikan rumah,” ujar Husaini dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Pakar Online.

Husaini menegaskan tenaga kerja yang memperoleh MLT harus memenuhi syarat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yaitu sudah satu tahun terdaftar menjadi peserta, tertib administrasi, aktif membayar Iuran dan merupakan rumah pertama untuk KPR dan PRP.

Mengenai manfaat program JKK, Husaini mengatakan apabila peserta mengalami kasus kecelakaan kerja maka dipastikan akan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit PLKK sampai dinyatakan sembuh tanpa batas biaya sesuai indikasi medis, santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah dan mendapatkan santunan apabila cacat total tetap sebesar 56 kali upah. Santunan sementara tidak mampu bekerja sebesar 100% upah yang dilaporkan untuk 12 bulan pertama dan 50% dari upah yang dilaporkan untuk bulan ke-13 sampai dengan sembuh, serta layanan homecare diberikan maksimal Rp20 juta serta bantuan beasiswa pendidikan untuk 2 (dua) anak dari TK sampai dengan kuliah maksimal Rp174 juta.

Sementara itu, manfaat Program Jaminan Kematian (JKM), peserta akan mendapatkan santunan kematian sebesar Rp42 juta, dan bantuan beasiswa pendidikan untuk 2 (dua) anak dari TK sampai dengan kuliah maksimal Rp174 juta (bagi peserta yang sudah terdaftar dan membayarkan iuran selama 3 Tahun).

Melanjutkan keterangannya, Husaini menjelaskan manfaat yang diperoleh melalui program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), menurutnya JKP merupakan jaminan sosial yang diberikan kepada pekerja/buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

“Untuk memperoleh manfaat JKP tersebut, peserta diwajibkan telah memiliki masa iur minimal 12 bulan dalam 24 bulan terakhir dan bayar iuran selama 6 bulan berturut-turut sebelum terjadi PHK, “ucap Husaini.

“Setelah syarat yang diwajibkan tersebut terpenuhi, maka peserta dapat mengajukan manfaat program JKP melalui laman siapkerja.kemnaker.go.id, “lanjutnya.

Selain menjelaskan berbagai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, Husaini juga menyebutkan di sektor digital, BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan di mana saja. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.