BPJS Ketenagakerjaan Grogol Ajak HRD dan Owner Perusahaan Bangun SDM Efektif Bagi Perusahaan Skala Kecil Menengah

Foto bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor Cabang Grogol dalam acara costumer gathering - HR Talk bersama HRD ataupun owner perusahaan skala kecil hingga menangah. (Ist)

JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Grogol dorong perusahaan skala kecil hingga menengah untuk membangun SDM yang bekerja secara efektif dan efisien. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Customer Gathering – HR Talk bersama HRD atau pun Owner Perusahaan Skala Kecil hingga Menengah pada Senin (13/11/2023) di Hotel Ciputra.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Grogol Rommi Irawan M menyampaikan bahwa HRD serta Owner Perusahaan adalah mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan Grogol. Stakeholder ini menjadi penting karena mereka yang menentukan pengembangan kapasitas SDM dan memiliki kewajiban untuk melindungi segenap pegawai di perusahaan masing-masing.

“Melindungi pekerja adalah kewajiban, pekerja adalah tulang punggung bagi setiap perusahaan. Untuk itu kami berharap seluruh HRD dan Owner bisa tetap konsisten dalam menjaga serta melindungi seluruh pegawainya,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Pakar Online.

“Kami ingin berkembang bersama dan kami yakin perusahaan yang hari ini skalanya kecil hingga menengah bisa menjadi besar dan terus berkembang. Untuk itu kami hadirkan Bapak Nur Kholis dari Kasudinaker Jakarta Barat dan Florence Isabel Lumowa dari COMPETEN Consultant agar bisa berbagi dan menginspirasi HRD dan Owner yang hadir dan sudah bermitra dengan kami,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJamsostek Kantor Cabang Ahmad Satria Kautsar yang biasa disapa Tesar menjelaskan BPJamsostek memiliki 5 Program yaitu JKK, JHT, JP, JKM dan JKP. Tesar menjelaskan bahwa tata cara klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dapat dilakukan ketika pekerja yang merupakan peserta program mengalami kecelakaan saat atau sedang menuju pekerjaan, lalu melakukan pelaporan di Pusat Layanan Kecelakaan Kerja dengan berkas pendukung KK1, Surat Pernyataan PLKK, Absen, KTP, Kartu Peserta dan Laporan Kepolisian.

Tesar menambahkan bahwa manfaat program jaminan kecelakaan kerja antara lain santunan atau upah bagi yang tidak mampu bekerja, santunan kematian, santunan cacat, manfaat beasiswa, program kembali bekerja hingga fasilitas pelayanan perlindungan di rumah atau homecare.

“Nanti kami akan berkoordinasi juga dengan perusahaan tempat peserta bernaung untuk mengetahui detail profil kepesertaan pekerja yang mengalami kecelakaan kerja,” kata Tesar.

Selain itu, BPJamsostek juga memiliki program Jaminan Hari Tua untuk melakukan perlindungan peserta ketika memasuki masa pensiun, berhenti bekerja, meninggalkan wilayah RI, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. “Pendaftaran bisa dilakukan secara offline dengan datang ke kantor cabang terdekat atau daftar di website www.lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id,” terangnya.

Selain itu, Tesar juga menambahkan proses klaim bisa dilakukan melalui aplikasi dengan cara mudah yaitu Aplikasi JMO. Bagi BPJS Ketenagakerjaan Grogol, HRD dan juga Owner dari perusahaan skala kecil hingga menengah adalah mitra yang harus dijaga hubungan baiknya dan diajak untuk berkembang bersama. Untuk itu, dalam kegiatan Customer Gathering – HR Talk, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Grogol mengajak seluruh HRD dan Owner dari perusahaan skala kecil hingga menengah untuk membangun pengelolaan sumber daya manusia yang efektif. RIF*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.