BPJS Ketenagakerjaan Cabang Plaza BPJamsostek Ajak Perusahaan Refresh Informasi Terkait Program Jasa Kontruksi

JAKARTA – Sebagai upaya memastikan perusahaan mendapatkan informasi terbaru tentang program jasa konstruksi, BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi dengan mengundang enam perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain CV Gumba Sondang, PT Hana Huberta, PT Kencana Agung Sejahtera, PT Brantas Abipraya, PT Total Solusi Konstruksi, dan PT Semicon yang masing-masing diwakili oleh satu orang representatif.

Acara yang digelar pada Kamis, 07 Maret 2024 di Restoran Shabu Hachi Kuningan City Mall ini banyak membahas teknis pendaftaran dan penambahan proyek konstruksi, administrasi kepesertaan, hingga alur pelaporan jika terjadi kecelakaan kerja pada proyek konstruksi.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Plaza BPJamsostek, Aldhi Aditya mengingatkan perusahaan melakukan administrasi secara tertib agar hak-hak peserta dapat dibayarkan dengan cepat dan tepat. “Jika ada penambahan tenaga kerja baru di proyek konstruksi Bapak dan Ibu, silakan langsung mengirimkan data by name by address atau BNBA melalui e-mail ke Account Representative kami. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kendala dalam pengajuan klaim yang disebabkan nama tenaga kerja belum terdaftar,” ucapnya.

Tenaga kerja yang terdaftar di program Jasa Konstruksi BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan dua jenis perlindungan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Manfaat JKM terdiri dari santunan kematian, biaya pemakanan dan santunan berkala selama 24 bulan dengan total manfaat sebesar Rp42 juta. Untuk manfaat JKK mulai dari perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis, homecare service, santunan meninggal 48 kali upah, santunan cacat total tetap 56 kali upah, manfaat beasiswa untuk 2 orang anak sebesar Rp174 juta serta santunan sementara tidak mampu bekerja sebanyak 100 persen di 12 bulan pertama.

Mengingat besarnya risiko yang dihadapi pekerja proyek konstruksi, penting bagi perusahaan dan pemilik proyek untuk mendaftarkan tenaga kerja proyeknya untuk memastikan adanya jaminan ketika risiko kerja terjadi Ujar Suhuri Kepala Kantor cabang Plaza BPJamsostek. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.