BPBD Klaim Hingga Mei 2022 Sudah 202 Kejadian Bencana di Kabupaten Bogor

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat meninjau lokasi bencana longsor di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, kemarin. (Diskominfo for Pakar)

CIBINONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sudah hampir 202 kejadian bencana selama Januari hingga Mei 2022 ini.

Kejadian bencana didominasi bencana alam angin kencang hingga 75 kejadian disusul bencana tanah longsor mencapai 63 kejadian. Sementara lainya seperti bencana banjir 15 kejadian, kebakaran 7 kejadian, kekeringan 4 kejadian, pergeseran tanah 10 kejadian, gempa bumi 4 kejadian dan lain-lain 24 kejadian.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengatakan, kejadian bencana dari awal tahun hingga pertengahan tahun ini terjadi di 34 kecamatan dan 160 desa.

“Rata-rata bencana terjadi karena cuaca buruk, terutama di kecamatan yang masuk daerah rawan bencana atau zona merah bencana,” ujar Adam kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Selain itu, kerugian bencana sampai bulan Mei 2022 tercatat sudah 11 orang meninggal dunia, 1 luka berat, 2 lukan sedang, 9 luka ringan, mengungsi hingga 196 jiwa dan rumah terancam bencana mencapai 119 rumah.

Tidak hanya itu, BPBD Kabupaten Bogor juga mencatat ada 610 rumah dalam kondisi rusak ringan, 170 rusak sedang dan 58 rusak berat.

“Kita terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk penanganan ini, ada yang nantinya langsung sama BPBD, ada juga sama dinas lain terkait rumah-rumah rusak tersebut,” ungkapnya.

Tidak hanya rumah-rumah, lanjut Adam, beberapa sarana lain yang terdampak bencana meliputi 11 sarana pendidikan, 2 Ponpes, 10 sarana ekonomi, 20 fasus-fasum, 41 jalan, 5 jembatan dan 100 hektar pertanian.

Ia juga memprediksi angka kejadian akan terus terjadi jika melihat cuaca saat ini yang cenderung ekstrim.

“Mudah-mudahan kita berdoa kejadian bencana di Kabupaten Bogor tidak menimbulkan korban jiwa,” pungkasnya

Sementara, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cisarua-Citeko, Fatuhri mengatakan, curah hujan disertai angin kencang akan masih terjadi di Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.”Cuaca masih akan sama seperti pekan-pekan ini,” ujar Fatuhri. =YUS

*Prakiraan cuaca wilayah Bogor, Puncak, Cianjur dan sekitarnya hari ini.

  • Pagi hari : Cerah Berawan – Berawan
  • Siang hari : Hujan Ringan – Hujan Sedang
  • Malam hari : Hujan Ringan – Berawan
  • Dini hari : Berawan
  • Suhu udara : 18 – 26 °C
  • Kelembaban udara : 80 – 90 %
  • Angin : Secara umum bertiup dari arahTimur hingga Tenggara dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Peringatan Dini : Waspada potensi hujan sedang hingga lwbat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.