BPBD Kabupaten Bogor Catat Puluhan Rumah Terendam Banjir

CIBINONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut ada sebangak 81 rumah terendam banjir dari dua titik lokasi, yakni Desa Cilebut Barat dan Kelurahan Pabuaran Mekar.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani bahwa 81 rumah terendam banjir tersebut terdiri dari 56 rumah di Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja dan 25 rumah di Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong.

“Kemarin malam itu intensitas curah hujan sangat tinggi melanda wilayah Kabupaten Bogor, sehingga kita menerima laporan ada 81 rumah dari 2 titik lokasi yakni 56 rumah di Cilebut Barat dan 25 rumah di Kelurahan Pabuaran Mekar terendam banjir setinggi 1-2 meter,” katanya kepada PAKAR, pada Minggu 5 November 2023.

Ia mengungkapkan pihaknya pun langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi kepada warga yang terdampak banjir di dua lokasi tersebut.

“Saat anggota tiba dilokasi kita BPBD Kabupaten Bogor melakukan evakuasi kepada warga yang terjebak banjir. Dan untuk sekarang kondisi air sudah surut, sehingga warga setempat melakukan pembersihan dan pembenahan dirumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Cilebut Barat, H. Dasuki membenarkan bahwa ada puluhan rumah diwilayahnya terendam banjir akibat meluapnya kali pesanggrahan.

“Benar ada sebanyak 50 rumah lebih terendam banjir akibat meluapnya aliran kali pesanggrahan dan ini menjadi banjir rutinan setiap curah hujan tinggi melanda wilayah disini,” ucapnya.

Ia berencana dalam waktu dekat pihaknya akan bersurat ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk mengatasi permasalahan banjir di Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja tersebut.

“Nanti kita Pemdes akan mengajukan surat ke Pemkab Bogor untuk melakukan perapihan, pembenahan dan pengerukan dialiran kali Pesanggarahan. Dan memang aliran kali ini sudah cukup dangkal, semoga Pemerintah Daerah bisa mencarikan solusi untuk permasalahan banjir rutinan di Desa Cilebut Barat ini,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.