BPBD dan Dinkes Kompak Ingatkan Masyarakat di tengah Cuaca Ekstrem Saat Ini

Ilustrasi cuaca ekstrem. IST

CIBINONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan disaat cuaca ektrem seperti saat ini. Tidak panik, tenang dan tetap waspada.

Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hassan mengingatkan masyarakat disaat cuaca yang cenderung ekstrem seperti saat ini untuk selalu waspada terhadap lingkungan yang ada disekitarnya.

“Masyarakat jangan lagi cuek, tapi harus peduli terhadap lingkungan. Jika melihat gejala adanya potensi bencana segera laporkan dan antisipasi,” ujar Yani Hassan, Senin (2/1/2023).

Lalu, kata dia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat, kenali lingkungan mulai dari hal kecil seperti saluran air yang berpotensi menyebabkan banjir, meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hujan lebih dari tiga jam berturut-turut.

“Kami yakin jika warga sudah peduli dengan lingkungan, potensi bencana akan bisa diminimalisir,” ungkapnya.

Apalagi, lanjut dia, di Kabupaten Bogor ini punya sekitar 64 lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang penanggulangan bencana. Termasuk Pramuka, Karang Taruna, PMI dan lainnya untuk bergerak dan siap siaga.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Penularan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Adang mulyana mengatakan, dalam menghadapi cuaca ekstrem ia meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi atau bernutrisi tinggi dan tetap melaksanakan olahraga.

“Lalu hindari kegiatan di luar ruangan jika memang tidak begitu penting, dengan begitu tubuh tidak mudah sakit disaat cuaca seperti saat ini,” ucap Adang. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.