‘Bos’ DPRD Kota Bogor Serukan Aksi Bela Kemerdekaan Palestina

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto saat menyampaikan orasinya. -Humpropub DPRD Kota Bogor-

BOGOR – Aksi dukungan kemerdekaan Palestina terus mengalir dari Kota Bogor. Kali ini, aksi digelar oleh Masyarakat Muslim Kota Bogor di Masjid Raya Al Muttaqien, Jalan Pandu Raya, Kota Bogor, Jumat (21/5/2021).

Aksi yang digelar dengan prokes ketat selepas salat Jumat dihadiri Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, ulama, habaib, tokoh agama se-Kota Bogor dan ratusan masyarakat Kota Bogor.

Dalam orasinya, Atang mengatakan bahwa terdapat tiga alasan mengapa masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bogor harus mendukung kemerdekaan Palestina.

Pertama adalah alasan kemanusiaan. Serangan yang dilakukan oleh zionis Israel sudah mencoreng kedamaian dunia, karena dilakukan kepada masyarakat yang tengah melakukan ibadah dan menelan korban jiwa perempuan dan anak-anak.

“Tidak ada yang namanya self defense dengan cara membunuh anak-anak dan perempuan. Tidak ada yang namanya pembelaan diri dengan cara menyerang orang yang tengah beribadah ramadhan di masjidil aqsa. Tidak ada logika bela diri bagi penjajah, apalagi merenggut korban sipil. Maka, secara kemanusiaan, kita katakan bahwa hari ini telah terjadi pembantaian umat manusia terburuk sepanjang masa abad modern,” tegasnya.

Lalu alasan kedua adalah kebangsaan, dimana Palestina merupakan bangsa yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia.

“Bahkan, di Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dikatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh karena itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” jelas Atang.

“Bicara tentang amanah kebangsaan, semua politisi dan semua pengambil kebijakan yang ada di negeri ini seharusnya turut memperjuangkan kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia, dimana yang tersisa terjajah adalah Bangsa Palestina ” kata Atang.

Sedangkan alasan ketiga adalah keimanan, dimana dalam Islam, membela bangsa terdzolimi dan melawan penjajahan adalah sebuah kewajiban. Selain itu, mayoritas masyarakat Palestina merupakan muslik yang masih memiliki ikatan saudara dengan umat Islam di Indonesia.

Selain mengapresiasi sikap tegas yang sudah ditunjukkan oleh Pemerintah Indonesia, ia pun meminta agar Indonesia lebih jauh lagi memainkan peran kunci dalam upaya kemerdekaan Palestina dan menghapuskan segala bentuk penjajahan kolonialisme di abad modern ini.

“Kami mengutuk keras kedzoliman zionis Yahudi dan PBB agar bersikap tegas. Saya kira Pemerintah kita dapat meningkatkan peran tersebut”, jelasnya.

Terakhir, ia pun mengajak masyarakat agar turut andil dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina.

“Mari bersama-sama kita dorong kekuatan, kita galang kebersamaan sesama umat muslim dan sesama warga negara Indonesia dengan segala daya dan upaya. Doa, usaha, bantuan dana mudah-mudahan apa yang ktia lakukan bisa membantu saudara kita di Palestina,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.