Bongkar Muat Logistik, Kabupaten Bogor Jadi Model Simulasi Pemilu di Indonesia

Pelaksanaan simulasi bongkar muat logistik Pemilu 2024 di KPU Kabupaten Bogor. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mulai melakukan simulasi bongkar muat, sortir, lipat dan pengepakan logistik untuk Pemilu 2024. Tempat pertama pelaksanaan simulasi dilakukan di Kabupaten Bogor, Kamis (27/7/2023).

Dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, simulasi dilakukan mulai dari menurunkan logistik dari truk yang terparkir di depan gudang KPU Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, logistik tersebut dikumpulkan di dalam gudang yang kemudian dilakukan pengecekan dan pelipatan petugas yang telah disiapkan KPU.

Hasyim mengatakan, bahwa simulasi di KPU Kabupaten Bogor merupakan yang pertama yang dilakukan pihaknya menjelang Pemilu 2024.

“Ini perdana yang kami lakukan dan Kabupaten Bogor merupakan awal pelaksanaan simulasi ini,” kata Hasyim.

Kabupaten Bogor sendiri, kata dia, merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang cukup besar mencapai 3,8 juta.

Sehingga, Hasyim menilai bahwa Kabupaten Bogor bisa menjadi pilot project dalam melakukan simulasi Pemilu 2024 sebelum melaksanakan hal serupa di daerah lain.

“Ini simulasi awal dan perdana yang kami lakukan. Ini (Kabupaten Bogor) akan dijadikan model untuk daerah lain dengan karakter yang berbeda,” jelasnya.

Namun untuk sejauh ini, Hasyim menyebut bahwa belum ada hal yang krusial yang harus dievaluasi dalam persiapan Pemilu di Kabupaten Bogor.

Dia meyakini meskipun dengan jumlah pemegang hak suara yang banyak, Kabupaten Bogor tetap bisa melaksanakan Pemilu dengan baik sama seperti sebelum-sebelumnya.

“Ya kan sistem sudah berjalan. Sudah punya pengalaman. Sudah melakukan evaluasi dan ada Provinsi juga yang melakukan evaluasi itu. Sehingga kekurangannya apa, itu bisa diatasi. Saya kira secara keseluruhan situasinya sama ya (dengan daerah lain),” tutur Hasyim.

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan berharap kedatangan KPU RI membawa perubahan pihaknya dalam menyelenggarakan Pemilu yang lebih baik.

“Ya tentu kami harapkan Pemilu nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dan kami harap juga KPU RI melihat kondisi di Kabupaten Bogor ini,” kata Herry. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.