BMKG Ingatkan Masyarakat di Perbukitan Untuk Waspada Selama Musim Hujan

Wilayah perbukitan di Desa Citeko. (Yusman | Pakar)

CISARUA – Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko-Cisarua memprediksi hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih akan mengguyur Jawa Barat hingga dua hari kedepan dan bahkan akhir Februari ini.

Terkait ini, Kepala BMKG Citeko-Cisarua, Fatuhri mengimbau masyarakat khusunya yang berada di kawasan perbukitan atau tebingan untuk selalu waspada.

Sebab, ia mengkhawatirkan ada tumpukan air dalam tanah yang berpotensi mengakibatkan terjaid longsor baik longsor-longsor kecil maupun besar.

“Saat kawasan pegunungan terus diguyur hujan, tentunya akan ada penumpukan air di tanah, apalagi kondisi tebing tanpa pohon-pohon penahan ini berpotensi terjadi bencana longsor,” ujar Fatuhri kepada wartawan, Rabu (9/2/2022).

Camat Cisarua, Ivan Pramudia mengingatkan warganya khususnya yang berada di wilayah rawan bencana untuk selalu waspada akan kondisi cuaca yang saat ini terjadi.

Selain itu, ia juga terus mengingatkan pemerintah desa agar mengimbau RT, RW, Kadus dan lembaga desa lainnya untuk ikut berperan aktif dalam menjaga wilayahnya terutama bisa melakukan pencegahan dini.

“Harus ada peran masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana, sedikitnya jika melihat kondisi tanah berpotensi longsor segera ingatkan warga yang ada, dan laporkan ke pemerintah desa hingga kecamatan atau instansi terkait,” pintanya.

Terpisah, Kepala Desa Citeko, Syahrudin mengaku selama musim hujan ini terus memerintahkan RT dan RW serta lembaga desa untuk memonitoring di setiap wilayahnya terutama yang rawan bencana.

“Kita terus memantau kondisi wilayah,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.