BMKG Citeko-Cisarua Memprediksi Pekan Ini Kawasan Puncak Masih Diguyur Hujan Lebat

Logo BMKG. IST

CISARUA – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko-Cisarua memprediksi dalam sepekan ke depan kawasan Puncak dan sekitarnya berpeluang diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Kepala BMKG Citeko-Cisarua, Fatuhri mengatakan, untuk sepekan ke depan wilayah puncak dan sekitarnya, peluang hujan masih cukup tinggi.

“Waspadai kejadian ikutan akibat curah hujan tinggi seperti banjir dan longsor,” ujar Fatuhri kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Lanjut dia, di masa musim hujan seperti ini, hujan turun bisa terjadi kapan saja, baik malam maupun siang hari, bahkan dini hari.

“Karena saat ini musim hujan, hujan bisa kapan saja turun,” jelasnya.

Curah hujan tinggi saat ini, kata dia, masih disebabkan akibat fenomena La Nina. Sehingga, suhu permukaan laut wilayah Indonesia terasa hangat dan adanya konvergensi angin di sekitar Jawa bagian Barat dan selatan Sumatera.

“Musim hujan kali ini dan curahnya tinggi ini masih karena fenomena La Nina,” terangnya.

Sementara itu, untuk siang hingga malam hari ini, BMKG Citeko-Cisarua memprediksi, siang hari hujan ringan hingga hujan sedang. Untuk nalam hari, berawan dan hujan ringan dan dini hari dipredikai berawan.

Selain itu, suhu udara di kawasan Puncak dan sekitarnya mencapai 17 – 27 °C, ditambah kelembaban udara hingga 80 – 95 %

“Kalau Angin secara umum bertiup dari arah barat daya hingga timur oaut dengan kecepatan 05 – 30 km perjam,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.