BMKG Beri Penjelasan Soal Hujan Intensitas Tinggi Terjadi di Bogor Saat ini

CISARUA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan tentang faktor-faktor yang menyebabkan cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten dan Kota Bogor dalam beberapa hari terakhir. Bahkan banjir dan longsor, mengepung kota Dan Kabupaten Bogor. Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Citeko, Fatuhri Syabani, mengatakan, cuaca ekstrim di wilayah Bogor disebabkan oleh faktor lokal, terutama naiknya suhu permukaan laut di Laut Utara dan Selatan Jawa Barat.


“Peristiwa siklon tropis emang sudah berakhir pekan lalu, sekarang lebih ke faktor lokal yang mendukung, faktor lokal itu suhu permukaan laut di Utara Jawa Barat dan suhu permukaan laut di Selatan Jawa Barat hangat, jadi suplai udara basah yang masuk terutama di wilayah Jawa Barat cukup tinggi hujannya,” ujarnya saat dikonfirmasi Pakar.


Fatuhri Syabani juga menjelaskan, bahwa adanya awan konvektif yang dihasilkan oleh proses konveksi akibat pemanasan radiasi matahari di beberapa pulau di Indonesia turut memengaruhi cuaca ekstrim. “Berdasarkan analisis dinamika atmosfer kejadian ekstrim kemarin akibat pertemuan awan konvektif yang bentuknya biasanya cukup luas dan lebar dan biasanya awan tersebut single sel dan ini ada beberapa sel, jadi bergabungnya awan-awan tersebut akibat adanya konvergensi di sekitar laut Jawa, mulai dari Utara Jawa Barat sampai Jawa Timur dan NTB di tambah suhu muka laut mendukung akibatnya terjadi cuaca ekstrim,” jelasnya.


Menurutnya, cuaca ekstrim ini tidak hanya terjadi di Bogor, melainkan hampir di seluruh Pulau Jawa, dan diprediksi akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.
“Uap air yang masih terkandung di udara itu nilainya cukup tinggi, besok memang akan agak berkurang tapi di 27, 28 potensi hujannya cukup besar. Yang pasti tiga hari kedepan masih berpotensi, untuk hari-hari selanjutnya kita tunggu dari Stasiun Klimatologi Jawa Barat,” pungkasnya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.