Bisa Lewat Daring, Pemkab Lanjutkan Program Rebo Keliling

Pemkab Bogor menggelar rapat pembahasan teknis pelaksanaan Rebo Keliling (Boling) di ruang rapat Bupati. Diskominfo for Pakar

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor, akan kembali melanjutkan program Rebo Keliling atau Boling. Program pendekatan pemerintah kepada masyarakat tersebut, kini menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19.

“Yang biasanya kita laksanakan dengan cara mengumpulkan banyak orang, bertemu masyarakat kini kita sesuaikan dengan kondisi pandemi. Kita lakukan dengan cara daring juga luring,” ujar Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan

Menurutnya, program Boling sudah menjadi salah satu kegiatan dari Karsa Bogor Berkeadaban. Tahun 2019 hanya terlaksana di 27 kecamatan, sementara tahun 2020 sempat terhenti karena pandemi virus Covid-19.

“Insha Allah tanggal 17 Maret kita lakukan percobaan kegiatan Boling. Pelaksanaannya diprioritaskan untuk kecamatan yang belum melaksanakan Boling di tahun 2019,” jelas Iwan.

Boling ini menjadi sangat penting, kata Iwan, hal tersebut adalah upaya Pemkab Bogor untuk menampung aspirasi masyarakat dengan menentukan arah Kebijakan.

“Pelaksanaan Boling secara daring full dilakukan di tingkat kabupaten, sedangkan luring itu full di tingkat kecamatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Iwan.

Untuk memastikan Boling tersebut berjalan dengan baik, Pemkab Bogor memerintahkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mempersiapkan segala kebutuhan Boling nanti.

“Diskominfo harus bisa membantu memfasilitasi jaringan ke desa dan kecamatan. Pasikan pada H-2 jaringan sudah tersedia dengan baik sehingga tidak terjadi masalah pada saat pelaksanaan Boling,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin menambahkan, terkait tempat pelaksanaan Boling diserahkan kepada masing-masing Camat.

“Diharapkan semua unsur hadir tetapi dibatasi hanya perwakilan, sehingga tidak terlalu banyak yang hadir. Sementara rombongan Bupati dibatasi maksimal 30 orang saja. Terpenting perketat protokol kesehatan, test Rapid Antigen dapat digunakan untuk mendukung kegiatan Boling. Jangan sampai Boling menjadi kluster baru penularan Covid-19,” tandas Burhanudin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.