Bima Ungkap Ledakan Kasus Positif Berasal Dari Klaster Luar Kota

Wali Kota Bogor, Bima Arya. Roy | Pakar

BOGOR – Peningkatan kasus positif covid-19 di Kota Bogor meningkat tajam. Hingga saat ini, kasus yang terjadi mencapai 17.932 kasus dengan 1.563 orang dikonfirmasi positif covid-19. Lonjakan kasus itupun disebabkan sejumlah faktor, salah satunya berasal dari klaster luar kota dan Klaster keluarga.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut ada dua klaster utama penyumbang terbesar angka Covid-19 belakangan ini. Yakni klaster keluarga dan klaster luar kota. Namun ketika dibedah lagi, sambung dia, sumber dari klaster keluarga kebanyakan berasal dari luar kota juga. Terutama dari DKI Jakarta atau mereka yang bekerja di ibukota.

“Kebijakan nggak hanya cukup prokes di gerbong Commuterline saja, tapi harus ada kebijakan bagi warga Bogor yang bekerja di Jakarta. Karena itu atensi kami khusus kepada arus mobilitas Bogor-Jakarta ini, terutama bekerja,” katanya disela meninjau vaksinasi massal di Puri Begawan, Selasa (22/6/2021).

Bima juga menyarankan ada kebijakan khusus buat warga Bogor yang bekerja di DKI Jakarta, untuk sementara ini bekerja dengan skema Work From Home (WFH) atau bekerja di rumah saja. Alasannya, kata dia, karena kondisi pada moda transportasi umum yang hari ini dianggap tidak kondusif dan rawan penyebaran Covid-19.

“Saya kira lebih baik sebetulnya warga Bogor yang bekerja di Jakarta, diprioritaskan untuk WFH saja sementara ini. Karena kondisi di transkportasi yang sangat tidak kondusfi pada hari ini,” tegas Politisi PAN ini.

Sementara itu, dari data Satgas Covid-19 Kota Bogor, total kasus Covid per Senin (21/6/2021) tembus 17.932 kasus. “Sedangkan yang masih dirawat atau diisolasi berjumlah 1.563 orang,” singkat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dr Sri Nowo Retno.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sedang gencar melakukan vaksinasi massal dengan sasaran masyarakat umum. Vaksinasi dilakukan di tiga lokasi diantaranya di Puri Begawan, Ekalokasari dan mall Boxies Tajur dengan ketersediaan 5000 vaksin. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.