Besok Skybridge Bojonggede Mulai Diuji Coba, Siap-siap Penumpang Kereta Diarahkan

Plt Kepala BPTJ, Suharto (tengah) saat meninjau Skybridge Bojonggede yang akan mulai diuji coba besok. (Khaerul Umam | Pakar)

BOJONGGEDE – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan mulai melakukan uci coba penggunaan Skybridge Bojonggede, Kabupaten Bogor, besok. Persiapan pun terus dilakukan.

Plt Kepala BPTJ, Suharto bahkan meninjau langsung kondisi bangunan Skybridge Bojonggede yang menghabiskan Rp16,5 miliar melalui anggaran BPTJ tahun 2022 tersebut, Senin (4/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Suharto mengklaim secara keseluruhan bangunan Skybridge Bojonggede sudah siap digunakan.

“Bangunan ini kan baru selesai, masih pemeliharaan. Tadi memang ada beberapa yang netes ya air. Tapi secara umum bahwa skybridge ini bisa dioperasikan. Rencananya uji coba besok hingga 9 Desember,” katanya.

Jembatan layang dengan pintu masuk di area Terminal Bojonggede tersebut diketahui membentang hingga 243 meter dengan lebar tiga meter.

Pada pembangunan tersebut, ada dua opsi yang diberikan. Pertama jalur eskalator dan kedua adalah tangga. Kemudian ada juga jalur khusus untuk disabilitas.

Menurut Suharto, pembangunan tersebut adalah upaya pemerintah untuk mengurangi kesemrawutan lalu lintas di area Stasiun Bojonggede.

“Di stasiun ini tercatat sekitar 65 hingga 70 ribu penumpang setiap harinya. Karena itu memerlukan solusi, dan skybridge ini adalah upaya untuk solusi tersebut. Besok kami uji coba,” jelas Suharto.

Sementara, Staf Ahli Pemkab Bogor Deni Humaedi mengungkap pembangunan Skybridge Bojonggede nantinya akan diserahkan kepada Pemkab Bogor oleh BPTJ.

“Ini akan diserahkan kepada kami dan rencananya akan diresmikan pada 10 Desember mendatang,” kata Deni.

Pada masa uji coba besok, lanjutnya, nanti Pemkab Bogor bersama BPTJ akan melihat kekurangan-kekurangan pada operasional tersebut sampai 9 Desember 2023.

“Kami lihat nanti. Besok insyaallah kami mulai uji coba, sebelum nantinya diresmikan,” jelas Deni. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.