Bersihkan Sungai Cisadane, Libatkan Pelajar di Bogor Selatan

MEGAMENDUNG – Komunitas Cisadane resik kembali mengadakan edukasi menjaga lingkungan kepada para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wilayah Bogor Selatan.

Penggerak Cisadane Resik, Sutannandika menjelaskan, kegiatan ini tentunya menjelaskan dan mengajarkan kepada anak-anak agar mengetahui jenis sampah yang ada di bantaran sungai.

“Tujuannya kami edukasi tentang lingkungan,bagaimana mereka tidak jijik terhadap sampah, kita tambahkan pengetahuan jenis sampah dan sampai di sungai itu didominasi oleh sampah apa saja,” katanya, Senin (03/10/22).

Ia mengatakan, para siswa ikut turun ke bantaran sungai juga ke pemukiman warga yang berada di pinggir bantaran sungai Cisadane untuk membersihkan sungai.

“Sehingga mereka tau yang diharapkan kegiatan ini muncul kesadaran beberapa jajanan itu menimbulkan sampah plastik yang banyak,” tambahnya.

Puluhan siswa-siswi ini berasal dari sekolah SMA Darul faizin, SMAN 1 Caringin, SMAN 1 Cigombong, SMAN 1 Cijeruk, SMAN 1 Megamendung, SMK NU dan berbagai sekolah yang lainnya.

“,Nanti kedepannya kita adakan pelatihan bagaimana riset mengenai sampah baik dari penelitian Jumlah hingga grafik volume sampah” lanjutnya

Cisadane resik merupakan kegiatan forum berbagai Lembaga kepedulian lingkungan juga ada para tokoh yang rutin mengadakan kegiatan lingkungan seperti bebersih sampah dan menanam pohon.

“Cisadane resik fokus pada edukasi dan lingkungan wilayah Cisadane fokus kepada pohon, air dan sungai,” lanjutnya.

Sementara, siswa dari SMAN 1 Caringin, Siti Aminah mengatakan, kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat baik bagi dirinya dan juga lingkungan yang ada disekitarnya, sehingga bisa mengetahui jenis-jenis sampah yang ada di bantaran sungai.

“Ternyata ketika kita bersihkan sampah itu hasilnya jadi bersih dan nyaman, dan saya juga jadi berpikir bahwa banyak jajanan yang menggunakan kantong plastik membuat sampah plastik menjadi banyak,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.