Bersama PMI, RSUD Leuwiliang Gelar Donor Darah pada perayaan HJB dan Hari Palang Merah Dunia

Pelaksanaan donor darah yang digelar RSUD Leuwiliang bersama PMI dalam rangkaian peringatan HJB ke-542 dan Hari Palang Merah Dunia. (Dok.RSUD Leuwiliang)

LEUWILIANG – RSUD Leuwiliang, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor ke-542 dan Hari Palang Merah Dunia.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) itu merupakan upaya RSUD Leuwiliang untuk teris mengingatkan akan pentingnya solidaritas dan kepedulian sosial dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan donor darah, diharapkan kebutuhan akan darah di rumah sakit dan pusat kesehatan lainnya dapat terpenuhi dengan lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Direktur RSUD Leuwiliang, dr. Vitrie Winastri
dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Acara yang berlangsung pada Selasa 11 Juni 2024 itu, disambut antusias masyarakat. Sebanyak 150 orang mendaftar untuk mendonorkan darah mereka.

Namun, kata Vitrie, karena keterbatasan kantong darah, sehingga hanya terkumpul sebanyak 100 kantong.

“Tapi, kegiatan kali ini menjadi istimewa karena bersamaan dengan dua perayaan penting yakni, HJB Ke-542 dan hari Palang Merah Dunia,” jelas Vitrie.

Acara donor darah sendiri diprakarsai langsung dr. Yan Ajie N, Kepala Instalasi Bank Darah RSUD Leuwiliang. Kegiatan itu diketahui merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tiga bulan sekali.

“Pentingnya donor darah sebagai bentuk bantuan kepada sesama yang membutuhkan. Setiap tetes darah yang disumbangkan memiliki nilai besar dalam menyelamatkan nyawa seseorang,” kata Yan Ajie.

Dia mengapresiasi atas partisipasi masyarakat dalam kegiatan kemanusiaan ini. Baik PMI maupun RSUD Leuwiliang mengucapkan terima kasih atas kontribusi sukarela yang diberikan oleh masyarakat.

“Partisipasi masyarakat sangat berarti bagi kelangsungan kegiatan donor darah ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk berbagi darahnya,” jelas Yan Ajie.

Selain sebagai bentuk kepedulian sosial, kegiatan ini juga menjadi perayaan spesial dalam rangka HJB ke-542 dan Hari PMI Dunia. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah secara berkelanjutan.

“Semoga ke depannya, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk menyumbangkan darahnya, karena setiap sumbangan memiliki potensi besar untuk menyelamatkan nyawa,” pungkas Yan Ajie. =KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.