Beroperasi Februari, Pemkab Bogor Libatkan Sopir Angkot Jadi Pengemudi Bus BTS Cibinong-Ciparigi

Ilustrasi layanan bus BTS Cibinong-Ciparigi. (Dok.Freepik)

CIBINONG – Program bus Buy The Service (BTS) dengan trayek Cibinong-Ciparigi terus dimatangkan. Rencana pengoperasian alat transportasi umum itu pun hampir bisa dipastikan beroperasi pada Februari mendatang.

Meski memiliki tujuan yang baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyadari akan ada ketersinggungan dengan para sopir angkot saat bus BTS tersebut beroperasi. Terutama di wilayah trayek Cibinong dan Ciparigi, Kota Bogor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridho mengaku bahwa Pemkab Bogor sudah memikirkan hal tersebut. Bahkan, untuk meminimalisir ketersinggungan itu, pemerintah juga berencana melibatkan sopir angot menjadi sopir bus seperti apa yang dilakukan Pemkot Bogor lewat program Biskita.

“Ya itu (sopir angkot jadi sopir bus) nanti bagian daripada program kita,” kata Agus kepada wartawan, Senin (29/1/2024).

Meski begitu, dia tidak mengatakan secara rinci bagaimana mekanisme perekrutan sopir angkot menjadi sopir bus BTS jika pada saat nantinya program tersebut mulai berjalan.

Namun yang jelas, kata dia, program bus BTS adalah upaya mengajak masyarakat untuk beralih ke angkutan umum. Bahkan hal tersebut juga sudah dibicarakan bersama Organsiasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Bogor.

“Kami dengan organda sudah ada pembicaraan. Yang jelas ini upaya kami agar masyarakat mulai bisa beralih ke angkutan umum,” jelas Agus.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPTJ Suharto sebelumnya menargetkan layanan bus BTS dengan rute Cibinong Kabupaten Bogor, ke Ciparigi Kota Bogor dapat beroperasi pada Februari 2024.

Dia memperkirakan, dengan target penyediaan layanan BTS setiap 10 menit di rute Cibinong-Ciparigi, maka pihaknya memperkirakan koridor tersebut membutuhkan sekitar 15 unit bus.

“Nanti tugas kita mengintegrasikan dari sini (Cibinong) sampai sana (Sentul) tapi tahap awal kita dari Cibinong ke Ciparigi yang langsung Kota Bogor, Insha Allah ke depan sampai ke Cisarua,” kata Suharto. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.