Bernomor Urut 1, Aa Ade Kadarisman Masuk 4 Besar Calon Anggota DPD RI Pilihan Masyarakat

Hasil survei DPD RI untuk Jawa Barat yang dirilis LS Visi Nusantara. IST

CIBINONG – Lembaga Survei (LS) Visi Nusantara mencatat empat nama
calon anggota DPD RI untuk Provinsi Jawa Barat yang berpotensi mendapatkan kursi. Mereka adalah
Alfiansyah Komeng, Aa Ade Kadarisman, Rusdi Hidayat dan Jihan Fahira.

Dari survei yang dilakukan dengan 2.400 responden di Kabupaten Bogor, LS Vinus mencatat Alfiansyah Komeng sebagai sosok komedian terkenal berada di posisi atas yakni 4,05 persen dan Jihan Fahira seorang aktris ternama di posisi keempat dengan 2,13 persen.

Namun di luar dua figur publik tersebut, nama Aa Ade Kadarisman dan Rusdi Hidayat mencuat. Keduanya berada di posisi ketiga dan keempat dengan persentase 3,01 persen dan 2,25 persen.

Founder LS Visi Nusantara, Yusfitriadi menjelaskan, masuknya Aa Ade Kadarisman pada posisi dua survei pihaknya itu terjadi karena selain akademisi pada Perguruan Tinggi Negeri ternama di Jawa Barat, dia juga sangat diuntungkan karena memiliki nomor urut satu.

“Sehingga ketika pemilih membuka kertas suara itu besar kemungkinan langsung tertuju pada nomor urut satu tersebut,” jelasnya, Jumat (2/2/2024).

Sedangkan untuk Rusdi Hidayat, kata Yus, itu dikarenakan dia merupakan sosok yang sangat populis di kalangan aktifis kepemudaan, kemahasiwaan dan kelompok menengah.

“Karena Rusdi Hidayat merupakan aktifis organisasi kepemudaan bahkan sampai tingkat nasional,” kata Yus.

Adapun organsiasi yang pernah melibatkan Rusdi di antaranya organisasi induk kepemudaan KNPI dan Organisasi Kemahasiswaan HMI.

“Sehingga sudah barang tentu jaringan dalam dua organisasi tersebut sangat masif di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Bogor. Dan potensi keterpilihan Rusdi Hidayat dalam Kontestasi DPD RI pada pemilu 2024 sangat diuntungkan dengan penggunaan simpul dan jaringan kedua organisasi tersebut,” bebernya.

Meski begitu, Yus menilai kompetisi untuk menjadi DPD-RI ini masih sangat terbuka bagi calon lain yang ikut dalam pesta demokrasi tersebut.

“Masih ada waktu yang bisa dimanfaatkan para calon dalam meraih simpati masyarakat. Karena masyarakat Kabupaten Bogor yang belum menentukan pilihan untuk DPD RI masih sangat tinggi, berada di angka 51, 79 persen,” tandas Yus. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.